Naik Level Jadi KLA Nindya, Bupati Jember: Jangan Berpuas Diri Dulu

JEMBER, Kabar baik diterima Pemerintah Kabupaten Jember bahwa tahun 2022 ini meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan level Nindya, setingkat lebih tinggi dari prestasi yang diraih tahun lalu 2021 dengan peringkat Madya.

KLA merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk menjamin semua anak terpenuhi hak-haknya dan terlindungi. Penilaiannya didasarkan pada sejauh mana para pemangku kepentingan di daerah dapat mewujudkan pemenuhan hak anak (PHA) dan perlindungan khusus anak (PKA).

Atas pencapaian ini, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. justru mengingatkan pejabatnya agar tidak berpuas diri.

Ia menjelaskan bahwa esensinya bukan pada penghargaan, tetapi lebih dari itu sejauh mana pelayanan dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Tentunya kita tidak boleh berpuas diri karena bukan ini esensinya. Tapi bagaimana kenyataan di lapangan harus layak anak, apa betul anak-anak kita benar-benar menikmati sesuai Nindya tersebut,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Dia menjelaskan bahwa masih banyak anak yang kecanduan dengan gawai, sedangkan orangtua mereka tidak paham bagaimana cara menyikapi kondisi ini dimana perkembangan teknologi bisa berdampak baik maupun buruk tergantung pada penggunanya. Sedangkan apabila penggunanya adalah anak-anak, apakah bisa mereka membedakan buruk dan baik yang didapatkan dari gawainya.

“Itu salah satu contoh saja yang perlu dibenahi lagi┬áke depannya, bagaimana orangtua tetap berperan mendampingi anaknya saat mengakses gawainya. Jika dibiarkan, moral anak bisa kelewatan dewasa sebelum waktunya misalnya, itu beneran terjadi dan banyak anak kita yang dewasa sebelum waktunya akibat apa yang dilihat di gawainya,” sambungnya mengingatkan.

Tahun depan Ia menargetkan level KLA yang lebih tinggi untuk Kabupaten Jember yaitu dapat meraih peringkat Utama. (ipf)

Related Articles

Back to top button