Bupati Jember Siap Kawal Kurikulum Merdeka Belajar

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menyambut kedatangan rombongan Kemendikbudristek RI ke Kabupaten Jember.

Rombongan tersebut dipimpin oleh Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Irsyad Zamjani, Ph.D.

Mereka datang ke Jember untuk meninjau pelaksanaan kurikulum pendidikan di Kabupaten Jember dan memastikan telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar.

Kurikulum ini sangat relevan dan Bupati Jember Hendy Siswanto siap mendukungnya.

“Kalau sekarang sudah bukan zamannya lagi hanya belajar di dalam kelas, harus juga praktik di lapangan, porsinya 30 persen text book atau belajar teorinya dan 70 persen nya praktik ke lapangan langsung,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Dalam kurikulum merdeka belajar memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Pelaksanaan kurikulum ini berfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistic atau menyeluruh dan mandiri, mencakup peningkatan kompetensi esensial, karakter, termasuk minat bakat pada murid berbasis pendekatan teknologi.

“Bukan pinter-pinteran menghafal, tapi bagaimana cakap mengimplementasikan secara konkret sesuai apa yang dipelajari di dalam kelas,” pesannya. (ipf)

Related Articles

Back to top button