Gandeng Relawan TIK, Bupati Hendy Siap Wujudkan Smartcity Jember

JEMBER, Konsep kota cerdas (smart city) dengan melibatkan teknologi secara inovatif, efektif dan efisien dalam menunjang peningkatan pelayanan dan mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik menjadi salah satu komitmen Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman untuk mewujudkannya.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkab Jember untuk mewujudkan smartcity di antaranya bantuan hibah berupa peralatan multimedia kepada 100 desa guna menunjang pelayanan yang terintegrasi dan realtime, pembuatan beberapa aplikasi layanan pemerintah agar dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, serta serangkaian bimtek kepada para operator.

Kali ini, Bupati Jember Hendy Siswanto menggandeng Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi atau Relawan TIK Cabang Jember sebagai instruktur peningkatan SDM digital serta pendampingannya.

“Smart city merupakan konsep kota dengan melibatkan teknologi supaya semuanya lancar serta efisien, tentunya tidak hanya teknologinya yang canggih (smart tech), manusianya atau penggunanya juga harus canggih (smart user), ya kan percuma dong kita buatin aplikasi yang canggih, kemudian aparatur pemerintahnya tidak bisa atau masyarakatnya bingung, makanya kita gandeng Relawan TIK untuk peningkatan SDM dan pendampingan di bidang teknologinya,” ungkap Bupati Hendy Siswanto, Rabu malam (8 Juni 2022).

Selain itu, Bupati Hendy menyebut kemampuan di bidang teknologi sudah menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh aparatur pemerintah maupun masyarakat.

“Ya eranya sudah digital sekarang, ASN sebagai pelayan masyarakat sudah harus menyesuaikan diri,” lanjutnya.

Ke depan, dengan berkolaborasi dengan Relawan TIK, Pemkab Jember akan lebih rutin menyelenggarakan bimbingan teknis terkait teknologi yang lebih massif lagi kepada aparatur pemerintah maupun kepada masyarakat, dimana Bupati Hendy menunjuk Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pelaksanaannya.

Hadir juga dalam audiensi di antaranya Kepala Dinas Kominfo Jember Bobby A. Sandy, Kepala DP3AKB Jember Suprihandoko serta perwakilan Dinkes Jember. (ipf)

Related Articles

Back to top button