Deklarasi Germas Wujudkan Masyarakat Jember Hidup Sehat

JEMBER, Pemerintah Kabupaten Jember melaksanakan deklarasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Ruang Terbuka Hijau Sumbersari, Rabu (6 Juli 2022).

Dalam deklarasi Germas tersebut diikuti pejabat pemerintah di wilayah Kecamatan Sumbersari.

Ia meminta ke depannya seluruh RTH di Kabupaten Jember diselenggarakan kegiatan-kegiatan menunjang kesehatan dengan diikuti oleh masyarakat serta pejabat pemerintah setempat.

“Seterusnya harus dilaksanakan, berbagai kegiatan yang menunjang kesehatan warga, dimana, ya di setiap RTH ramaikan setiap minggunya,” perintahnya.

Kecamatan Sumbersari terdapat banyak perguruan tinggi, Bupati Jember Hendy Siswanto meminta seluruh dosen juga mahasiswa turut ikut serta dalam Germas.

“Kita awali dari Sumbersari, selanjutnya Kecamatan lainnya juga harus melaksanakan,” pintanya.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat. (ipf)

Related Articles

Back to top button