Bupati Jember Berikan Wawasan Pancasila kepada Para Pelajar SMA

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. memberikan wawasan Pancasila yanh diselenggarakan di Aula SMAN 1 Jember pada Kamis (09 Juni 2022).

Bupati Hendy Siswanto menjabarkan satu persatu dari kelima sila dalam Pancasila dengan hubungannya dengan kehidupan.

“Sila pertama itu hubungan manusia dengan Tuhan, sila kedua itu hubungan manusia dengan manusia. Dua sila itu dulu dipraktikan dalam kehidupan kita, ibadah itu dilaksanakan tepat waktu, menjaga silaturahmi hubungan sesama manusia, lanjut sila selanjutnya bertahap diterapkan dalam hidup kita,” jelas Bupati Hendy Siswanto.

Kedua sila itu, sila pertama dan sila kedua menurut Bupati Hendy adalah kunci awal kesuksesan bagi kita semua dalam hidup ini.

Kemudian sila selanjutnya, hingga sila kelima itu melengkapi sifatnya, agar lebih sempurna.

“Hidup ini bergantian, sekarang Anda duduk di bangku SMA, kelak Anda yang akan menggantikan kami yang di sini, ada yang jadi Bupati, Dandim, Kapolres, dan banyak lagi,” sambungnya.

Sarasehan Pancasila juga dihadiri Dandim 0824, Kepala Bakesbangpol Jember, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember, Kepala sekolah SMAN 1 hingga SMAN 5 Jember, Kepala sekolah SMAN Rambipuji dan SMAN Pakusari, serta para Ketua dan Sekretaris OSIS SMA sederajat negeri dan swasta se-Jember. (ipf)

Related Articles

Back to top button