Malam Ramah Tamah Festival JKCI ke 4

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menjamu para tamu festival Jember Kota Cerutu Indonesia ke 4 dengan berbagai hiburan, Sabtu malam (23 Juli 2022).

Sesi ramah tamah yang berlangsung di ruang terbuka itu begitu hangat. Sambil menghisap cerutu terbaik Jember, diiringi musik nan syahdu, terlihat para tamu menikmati malam ramah tamah ini.

Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI, I Gede Ngurah Swajaya menyampaikan, event JKCI ini telah menjadi perhatian bagi Kementerian Luar Negeri, sebagai pendorong perekonomian melalui ecotourism and trade.

“Dimana Kabupaten Jember dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga dikenal di mancanegara melalui cerutu terbaiknya,” ungkap I Gede Ngurah Swajaya.

Gede menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri siap mendukung promosi cerutu Jember ke seluruh dunia.

Bupati Jember Hendy Siswanto memperkenalkan Jember dengan segala potensinya kepada para tamu, sebuah daerah yang subur, mempunyai potensi pertanian dan perkebunan yang unggul dan menjadi lumbung pangan bagi Jawa Timur.

Selain itu, Kabupaten Jember sejak dulu sudah dikenal dengan Kota Tembakau berkualitas istimewa. Predikat ini pun digambarkan pada logo Pemkab Jember dengan latar belakang daun tembakau dimana daun tembakau merupakan daun emas bagi masyarakat Jember.

Data dari Balai Pengujian Sertifikasi Barang dan Lembaga Tembakau (BPSMB-LT) Provinsi Jawa Timur, sampai saat ini tembakau Indonesia memasok 37 persen untuk kebutuhan produsen cerutu dunia, dimana 25 persen di antaranya adalah tembakau dari Jember.

Potensi lainnya dimiliki Jember di antaranya sektor perikanan dan kelautan, pariwisata yang terus digali dan dikembangkan. (ipf)

Related Articles

Back to top button