Kesebelasan Jember Raih Juara Satu Porprov Jatim Setelah Kalahkan Pasuruan

JEMBER, Tim sepak bola Kabupaten Jember kembali bertemu dengan kesebelasan Kabupaten Pasuruan, setelah sebelumnya pada babak penyisihan grup C di Jember, beberapa waktu lalu, kesebelasan Pasuruan harus mengakui keunggulan Jember.

Saat itu gol satu-satunya dicetak striker Jember melalui heading. Satu-satunya gol Jember itu akibat kelengahan pemain belakang Kabupaten Pasuruan yang kurang rapat menjaga lawan.

Pada laga final kali ini, kesebelasan Jember bertanding dengan kesebelasan Pasuruan di stadion Semeru Lumajang.

Sama seperti sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto tetap all out mendukung para atlet sepakbola dengan mengerahkan seluruh pegawai Pemkab Jember dan memboyong para supporter kesebelasan Jember untuk datang menyaksikan sekaligus memberi dukungan langsung kepada kesebelasan Jember.

Pun sama seperti sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto kembali membuat stadion Semeru Lumajang penuh dengan suporter kesebelasan Jember.

Rahil Satria pemain Pasuruan memulai tendangan kick off mengawali laga final tersebut yang dimulai pukul 19:00 WIB, Sabtu (02 Juli 2022).

Permainan diawali dengan serangan Pasuruan yang menekan jantung pertahanan Kabupaten Jember. Menit-menit awal Pasuruan sangat getol menyerang Jember berkali-kali.

Beberapa kali area jantung kesebelasan Jember dibuat berdebar kencang akibat pasukan Pasuruan yang sering mencapai garis penalti Jember.

Abdul Aziz dari Kabupaten Jember beraksi, dia mematahkan serangan Pasuruan dan menggiring si kulit bundar menuju penalti lawan, namun dihalau maksimal pasukan Pasuruan yang cukup rapi.

Permainan diwarnai serangan bergantian dengan pertahanan belakang dari masing-masing kesebelasan yang cukup kuat.

Pada menit 9, gelandang kiri Jember M. Khunaifi mendapat kartu kuning pertama dalam pertandingan setelah mendorong pakai tangan dari depan pemain Pasuruan.

Menit ke 10, Ali Mashori menembak gawang Jember namun berhasil ditangkap sempurna kiper Jember Rahmad Taufik Hidayat.

Pemainan semakin menekan dari keduanya namun sampai babak pertama berakhir, kedudukan skor tetap imbang 0:0

Memasuki babak kedua, menit ke 34 kesebelasan Jember berhasil memasuki jantung pertahanan Kabupaten Pasuruan dan menembakkan bolanya namun berhasil ditangkis kiper Pasuruan, dan kembali ditembak lagi dari sisi kanan oleh Jember namun melenceng ke sisi luar kanan gawang Pasuruan.
Permainan semakin menegangkan, tercipta banyak pelanggaran berhadiah kartu kuning dari kedua tim akibat saling menekan dan emosi, namun tidak sampai menimbulkan keributan.

Sampai menit genting babak kedua, kekuatan kedua tim masih sama dan seimbang dengan skor tetap 0:0 pada menit 90, sedangkan total perolehan kartu kuning sebanyak 4 kartu kuning untuk Jember dan 3 kartu kuning untuk Pasuruan.

Lalu wasit menambahkan waktu 2 menit yang kemudian menjadi penentu bagi kedua tim.

Menit pertama dimanfaatkan Kapten Jember Richard Arbed Anderson menekan jantung lawan, menyelinap dengan permainan zigzag Jember akhir mampu menjebol gawang Pasuruan pada menit ke 91:23, gol gol goooool.

Gol pertama sekaligus mengakhiri pertandingan, dengan kemenangan Jember 1:0 atas Pasuruan.

Dengan hasil ini, Kabupaten Jember menyabet juara 1 cabor sepakbola Porprov Jatim, sedang Pasuruan menduduki juara 2 dan juara 3 adalah kesebelasan  Surabaya. (ipf)

Related Articles

Back to top button