Semarak Grand Carnival JFC ke 20 The Legacy, Menparekraf: JFC Akan Dimasukkan ke Kalender Wisata Internasional

JEMBER, Malam puncak Grand Carnival Jember Fashion Carnaval ke 20 dengan tema The Legacy berlangsung meriah, Minggu malam 07 Agustus 2022.

Presiden JFC Budi Setiawan menyampaikan, yang menarik pada Grand Carnival kali ini ialah menampilkan defile kostum terbaik dari penyelenggaraan JFC sebelumnya yakni 2011 hingga 2019.

“Sepuluh defile yang ditampilkan dalam ajang JFC 2022 yakni Defile Madurese, Defile Mahabharata, Defile Betawi, Defile Majapahit, Defile Garuda, Defile Sriwijaya, Defile Kujang, Defile Aztecs, Defile Sasando, dan Defile Poseidon,” rincinya.

Selain itu, Setiawan juga menyampaikan bahwa tema “The Legacy” dipilih untuk menunjukkan bahwa JFC mewariskan semangat serta tujuan besar untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Jember adalah kota karnaval.

Ini adalah grand carnival JFC pertama yang diselenggarakan secara full outdoor usai pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menyampaikan selamat datang di Kabupaten Jember dan selamat menikmati penampilan JFC yang luar biasa keren dan saat ini telah berjalan 20 tahun.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan teristimewa kepada manajemen Jember Fashion Carnival yang telah bersinergi dengan kami sehingga gaung dan gema JFC semakin mendunia,” ujar Bupati Hendy Siswanto dalam pidatonya.

Bupati Hendy juga menyampaikan, JFC telah mampu berkontribusi mengangkat perekonomian masyarakat Jember.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pelaksanaan JFC yang telah  dilaksakan untuk kedua puluh kalinya.

“Saya minta maaf atas ketidakhadiran Presiden RI Joko Widodo, sehingga saya yang harus mewakili beliau,” katanya.

Menurutnya, JFC telah menjadi kebanggaan. Tak hanya untuk Jember, tetapi juga untuk Indonesia. Kharismatik JFC telah berhasil menembus event Nusantara.

“Nanti bakal kami upayakan agar masuk menjadi event internasional,” ujarnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pihaknya mendukung perkembangan ekonomi lewat jalur kreativitas.

“JFC adalah energi kreatif dan inovatif dari bumi Jember, akan memberikan resonansi kepada Indonesia dan dunia melalui Jember Fashion Carnaval,” kata Khofifah dalam sambutannya. (ipf)

Related Articles

Back to top button