KESEHATAN
Peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau dilakukan melalui :
- Melanjutkan pelayanan gratis di Puskesmas dan mengupayakan penyederhanaan mekanisme administrasi
- Mengembangkan dan memperbaiki sarana dan prasarana puskesmas dan jejaringnya, termasuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan akan tenaga kesehatan
- Mengupayakan revitalisasi puskesmas dengan menyediakan layanan rawat inap
- Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat di perdesaan;
- Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan penyakit menular, lingkungan sehat, kelangsungan dan perkembangan anak, gizi keluarga, dan perilaku hidup sehat
- Meningkatkan upaya kesehatan bersumber masyarakat, posyandu, dan meningkatkan kemandirian untuk memantau kesehatan ibu hamil dan balita
Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang sangat penting dalam proses pembangunan berwawasan kesehatan, mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan kesehatan lingkungan.
Guna meningkatkan akses layanan kesehatan terhadap masyarakat dilaksanakan dengan penambahan tenaga medis dan paramedis, serta peningkatan sarana dan prasarana kesehatan sebagai berikut.
Pencapaian Program Perbaikan Gizi Masyarakat antara lain adalah menurunnya balita gizi buruk, meningkatnya kecamatan bebas rawan gizi dan meningkatnya cakupan distribusi vitamin A, perkembangan kondisi persalinan oleh tenaga kesehatan serta penanganan kasus demam berdarah sebagaimana berikut INI.
Layanan kesehatan didukung dengan keberadaan Puskesmas dan Posyandu yang tersebar di seluruh wilayah dengan capaian kinerja sebagai berikut.
Upaya lain dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Jember adalah melalui strategi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rujukan dengan upaya peningkatan mutu Rumah Sakit sesuai standar pelayanan rumah sakit,