Bupati Jember Tinjau Potensi Bencana dari Langit

JEMBER – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., melakukan joint flight tour dari Bandara Notohadinegoro Jember menuju landasan Cikasur yang berlokasi di Gunung Argopuro, Sabtu pagi 6 Agustus 2022.

“Barusan saya ditemani bapak Agus Wijaya Kadishub Jember terbang di atas Gunung Argopuro, memang di atas ada landasan ya di Cikasur tadi kami persis di atasnya,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Melalui pemantauan langsung dari atas udara, Bupati Jember Hendy Siswanto melihat adanya coakan (lubang pada tanah) yang kondisinya retak di atas Desa Karangpring dan Desa Panti.
“Memang ada coakan, kumpulnya air yang cukup besar di situ yang berpotensi menimbulkan bahaya banjir,” terang Bupati Hendy Siswanto.

Dari pemantauan langsung dari atas udara ini, kemudian Bupati Hendy memetakan potensi bencana banjir, terlebih ke depan hingga Desember adalah musim hujan.

Bupati Hendy juga menyebut, langkahnya ini baru investigasi dan belum ada penanganan apapun sejak puluhan tahun Kabupaten Jember berdiri.

“Ke depan kita akan ada joint flight yang kedua untuk memetakan lebih detil untuk aliran air dari atas Gunung Argopuro dan itu sangat penting dan akan beresiko tinggi apabila tidak diantisipasi dari sekarang. Seluruh hasilnya akan kita laporkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kementerian PUPR,” pungkasnya. (ipf)

Related Articles

Back to top button