Bupati Jember Pimpin Apel Serentak Bulan K3 dan Gerpas Pohon

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto memimpin apel serentak dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Gerakan Perempesan (Gerpas) pohon di Alun-alun Jember, Selasa 24 Januari 2023.

Apel ini diikuti oleh 600 personel gabungan dari BPBD Jember, Dishub Jember, Satlantas Polres Jember, Dinas PU Bina Marga Jember, Dinas PU Cipta Karya Jember, PLN UP3 Jember, serta Dinas Lingkungan Hidup Jember.

Bupati Hendy menegaskan, keselamatan dan kesehatan kerja bagi seluruh tenaga kerja adalah prioritas, oleh sebab itu seluruh perusahaan wajib menjalankan dan mewujudkannya.

“Melalui apel ini mengingatkan kembali akan pentingnya perwujudan K3 guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif,” ujar Bupati Hendy dalam sambutannya.

Bupati Hendy juga menyampaikan, pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, termasuk di antaranya membangun budaya K3 yang baik.

Sementara gerakan perempesan pohon dilakukan juga demi menjamin keselamatan masyarakat umum, agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di tengah kondisi cuaca yang cukup ekstrem.

“Sekarang cuaca cukup ekstrem, angin dan hujan bisa mengakitkan pohon tumbang, di samping itu pula gerakan Gerpas ini mencegah pemadaman listrik yang diakibatkan terputusnya kabel listrik oleh pohon yang tumbang,” lanjutnya.

Dalam rangka pelaksanaan Gerpas pohon ini, sejumlah jalan protokol diberlakukan buka dan tutup jalan dengan periode jam tertentu. (ipf)

Related Articles

Back to top button