Bupati Jember: Perawat Itu Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan Keluarga

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menyebut perawat adalah garda terdepan pelayanan kesehatan keluarga. Hal itu disampaikannya saat menjadi Keynote Speaker dalam webinar nasional  yang diselenggarakn oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jember, Minggu 02 Oktober 2022.

Menurutnya perawat dengan kompetensi homecare yang dimilikinya merupakan pelayanan kesehatan terdekat dengan keluarga pasien.

“Kalau pasien itu dirawat di rumah, yang sakit bisa dekat dengan keluarganya di rumah, dengan pelayanan homecare dari seorang perawat maka tingkat kesembuhan bisa lebih tinggi, tentunya sakitnya ringan-ringan aja atau penanganan awal, kalau berat ya dirawat di rumah sakit karena peralatannya lengkap di sana,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Bupati Hendy menambahkan kegiatan promotif dan preventif dengan tidak mengesampingkan kuratif dan Rehabilitatif saat ini sangat diperlukan masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Kabupaten Jember.

Webinar nasional dengan tema “Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Kemandirian Perawat Melalui Home Care sebagai Wujud Pertisipasi dan Peran serta dalam Peningkatan Derajat Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan Paripurna” ini diikuti oleh 7000 orang perawat dari PPNI Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Rinciannya, sebanyak 350 orang peserta hadir mengikuti secara luring dan 6650 orang mengikuti daring baik melalui zoom meeting maupun youtube DPW PPNI Jatim. (ipf)

Related Articles

Back to top button