Rame-rame Senam dan Gowes Bareng Rayakan HKN ke 58

JEMBER, Pemkab Jember melalui Dinas Kesehatan melaksanakan gowes bersama dari Kantor Pemkab Jember menuju Kantor Desa Kemuningsari Kidul Kecamatan Jenggawah, kemudian senam massal di halaman Kantor Desa Kemuningsari Kidul Kecamatan Jenggawah Jember, dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 58, Jumat 18 November 2022.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. Ketua TP PKK Kabupaten Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jember dr. Lilik Lailiyah bersama warga desa setempat melaksanakan senam dengan riang gembira.

Dalam pidatonya, Bupati Jember Hendy Siswanto mengajak warga desa setempat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya PHBS adalah suatu keniscayaan bagi seluruh lingkungan, bagaimana lingkungan yang kita tempati itu bersih, nyaman serta sehat.

“Terlebih saat ini memasuki musim pancaroba ya, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting dan urgent. Selokan, irigasi, aliran air harap dibersihkan, pastikan tidak ada hambatan sehingga ketika hujan tidak meluap dan di lingkungan rumah masing-masing pastikan tidak ada genangan air,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Di samping itu, Ia mengajak masyarakat untuk tidak membuang air besar di sungai. Dia mengarahkan warganya untuk membuang air besar di toilet atau jamban.

“Stop buang air besar sembarangan, ini penting bagi kita semua. Hilangkan tradisi yang dulu itu. Kalau buang air besar di toilet atau jamban, jangan di sungai atau tempat lainnya,” pinta Bupati Hendy.

Selain itu Bupati Hendy menyosialisasikan bahwa Pemkab Jember memiliki program JPK atau Jember Pasti Keren.

“Jember Pasti Keren, warga Jember yang sakit silakan berobat di puskesmas dan rumah sakit milik Pemkab Jember tidak perlu bayar alias gratis,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Lebih lanjut Bupati  Hendy menuturkan, bagi warga yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan cukup dengan menunjukkan KTP Jember.

“Apapun keluhannya tetap dilayani asal warga Jember dan layanan kesehatan gratis ini hanya berlaku di fasilitas kesehatan kelas 3 milik Pemkab Jember,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Dalam kegiatan itu, Bupati Jember Hendy Siswanto juga membagikan MP ASI kepada Ibu Hamil dan Bayi, serta menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan bagi ahli waris kader posyandu.

Mereka juga melakukan penanaman pohon bersama warga setempat. (ipf)

Related Articles

Back to top button