Pelantikan dan Pengukuhan Serentak Mabiran, Kwarran, LPK, Saka serta Sako Gerakan Pramuka Kabupaten Jember

JEMBER, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jember Kakak Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU. melantik dan mengukuhkan Ketua Mabiran, Ketua Kwarran, Ketua LPK Kwarran, Ketua Satuan Karya dan Ketua Satuan Komunitas Gerakan Pramuka secara serentak, Sabtu 21 Januari 2023.

Sebelum dilantik dan dikukuhkan, seluruh Ketua menyatakan suka dan rela bersedia melaksanakan UU RI No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka, serta bersedia tidak memasukkan paham politik dari mana pun dalam tubuh Gerakan Pramuka.

Selanjutnya seluruh Ketua membacakan Tri Satya Pramuka yang dipandu oleh Kamabicab Kakak Hendy Siswanto.

Kemudian Kakak Hendy dengan resmi melantik dan mengukuhkan seluruh Ketua.

Prosesi selanjutnya, Kamabicab Kakak Hendy Siswanto menyematkan tanda jabatan kepada seluruh Ketua yang dilantik secara bergantian.

Kamabicab Kakak Hendy Siswanto kemudian menyampaikan sambutannya.

Kakak Hendy menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Jember sangat mengharapkan peran serta para Ketua yang dilantik dan dikukuhkan kali ini untuk berkolaborasi dalam membangun Kabupaten Jember.

“Kolaborasi nyata dari Gerakan Pramuka yang memberikan dampak langsung itu kami tunggu. Misal Gerakan Pramuka menginisiasi gerakan membersihkan saluran sungai, kemudian kami dari Pemkab Jember akan menggerakkan seluruh pihak yang ada di Jember untuk melaksanakan inisiasi dari Gerakan Pramuka tersebut,” ujar Kakak Hendy Siswanto.

Selain itu, Kakak Hendy menyampaikan manfaat dari bersih-bersih saluran sungai serentak adalah melancarkan aliran air sehingga mencegah banjir, juga bermanfaat bagi perekonomian warga sekitar.

“Karena ada kerumunan dari kegiatan bersih-bersih ini, sehingga yang kedai-kedai makanan dan minuman milik warga sekitar akan mendapatkan berkah yaitu pendapatannya bisa meningkat,” lanjutnya.

Kakak Hendy menyebut gerakan semacam itu adalah gerakan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat secara umum, dengan demikian Gerakan Pramuka akan dicintai masyarakat luas. (ipf)

Related Articles

Back to top button