Bupati Jember Tinjau Pembenahan Jembatan Gugut

JEMBER, Bupati Jember Hendy Siswanto, bersama Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Jupriono dan Ketua Komisi C DPRD Jember Budi Wicaksono meninjau jembatan yang mengalami longsor di Dusun Jereng, Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, pada Rabu siang 11 Januari 2023.

Warga secara gotong royong memasang bronjong untuk memproteksi arus sungai terhadap jembatan.

“Bronjong ini sifatnya sementara, DPUBMSDA harus segera mengambil langkah apakah diperbaiki pangkal-pangkalnya saja atau jembatan ini dilebarkan,” jelas Hendy.

Ia mengatakan kontruksi yang cukup kuat, namun Bupati Hendy Siswanto memerintahkan untuk segera dilakukan peremajaan, karena usianya sudah 15 tahun.

Menurutnya pelebaran jembatan bisa menjadi opsi renovasi untuk akses warga dari tiga desa yakni Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji; Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti; dan Desa Banjarsari, Kecamatan Bangsalsari.

“Kalau jembatan ini sampai terjadi sesuatu, maka warga tiga desa ini akan terpengaruh dan mereka harus berjalan memutar berkilo-kilometer,” kata Hendy.

Namun, pelebaran jembatan memakan tanah warga. “Kalau kita lebarkan, sangat berhubungan dengan lahan milik warga. Kalau warga bisa berkolaborasi, mungkin bisa lebih cepat dan lebih baik,” pungkasnya. (ipf)

Related Articles

Back to top button