Bupati Jember Rincikan Beberapa Potensi yang Berpengaruh pada Inflasi

JEMBER, Bupati Jember Hendy Siswanto merincikan beberapa potensi yang dapat menyumbang inflasi di Jember.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama jajaran Forkopimda, pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Bulog Jember, BPS Jember, Rabu 25 Januari 2023.

Dalam rakor ini, Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan beberapa poin yang dapat meningkatkan potensi inflasi.

“Sebentar lagi, masyarakat Jember akan memasuki Bulan Ramadan, kebutuhan bahan pokok penting (bapokting) pasti meningkat, untuk itu minggu depan saya mengusulkan kita terjun ke beberapa distributor besar,” ujar Bupati Hendy.

Lebih lanjut, Ia meminta seluruh distributor untuk didata, karena hulu distribusi bapokting berawal dari distributor besar untuk level daerah.

Selain itu, Bupati Hendy menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Jember yang berprofesi sebagai petani kondisinya baru memulai tanam.

“Perkiraan panen itu mulai akhir Maret dan itu masuk Ramadan sehingga dari sekarang sampai panen itu kondisi perekonomian para petani diperkirakan belum stabil, dan ini mempengaruhi daya beli,” lanjutnya.

Dari arahan Bupati Hendy, seluruh pimpinan instansi yang hadir kemudian memberikan beberapa saran dan strategi yang dirumuskan bersama dalam upaya pengambilan kebijakan.

Rakor ini menjadi rutinitas jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jember setiap hari Rabu.

Para pimpinan melaksanakan olahraga bersama sebelum melaksanakan rakor. (ipf)

Related Articles

Back to top button