Bupati Jember Mulai Kenalkan Dunia Digital kepada Anak Usia Dini

JEMBER, Bupati Jember Hendy Siswanto membuat gebrakan baru. Ia mulai mengenalkan pendidikan berbasis digital kepada para murid TK dan PAUD di Kabupaten Jember.

“Sekolah digitalisasi bagi murid usia dini merupakan upaya Pemkab Jember mengenalkan digitalisasi guna mewujudkan generasi yang siap dengan tantangan ke depan yang serba digital,” ungkap Bupati Hendy Siswanto, Kamis 12 Januari 2023.

Ia menyampaikan bahwa dunia ada di genggaman kita maka para generasi emas Jember ini, sedari dini sudah harus melek digital.

Sebagai langkah awal, terdapat 19 TK yang menerapkan Sekolah Digitalisasi. Ia menargetkan sampai akhir tahun 2023 harus mencapai 51 persen baik TK dan PAUD telah menerapkan Sekolah Digitalisasi.

“Sekolah digitalisasi merupakan sistem pendidikan terintegrasi antara anak didik, orang tua, guru, dan Pemkab Jember. Jadi anak bukan hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan menjadi tanggung jawab semua. Guru memberikan materi kepada orang tua, kemudian Pemerintah terus melakukan monitor,” lanjutnya.

Kendati demikian, Bupati Jember Hendy Siswanto mengingatkan agar orang tua dan guru mampu melakukan manajerial terhadap aktivitas anak dalam dunia digital, agar tidak kecanduan dengan perangkat digital atau gadget.

“Penggunaan gadget yang berlebihan berdampak tidak baik, pada fisik maupun psikis anak. Dampak secara fisik dapat mengganggu pada penglihatan dan pertumbuhan pada tubuh anak. Sedangkan untuk perkembangan psikis akan berpengaruh pada perkembangan motorik dan perkembangan otak. Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Maka orang tua di rumah harus memberikan perhatian secara psikologis pada anak serta melakukan manajerial waktu dalam penggunaan gadget,” pesannya. (ipf)

Related Articles

Back to top button