Penutupan BTCLS Bagi Para Perawat di Kabupaten Jember

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menutup secara resmi pendidikan dan pelatihan BTCLS atau Basic Trauma and Cardiac Life Support kepada para perawat di Kabupaten Jember, Minggu (15/05/2022).

Pelatihan BTCLS ini dilaksanakan mulai 11-15 Mei 2022, terpusat di Fakultas Keperawatan Universitas Jember.

Program peningkatan SDM tenaga kesehatan ini merupakan hasil kolaborasi antara DPW PPNI Provinsi Jawa Timur, HIPGABI Provinsi Jawa Timur, serta DPD PPNI Kabupaten Jember.

“Pelatihan BTCLS ini yang berlangsung selama 5 hari lalu, agar perawat kita cakap dalam melayani pasien dalam kondisi gawat darurat,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini merupakan pengembangan skill untuk melayani masyarakat Jember, dimana materinya berdasarkan permasalahan yang dialami masyarakat, seperti bahaya stunting, AKI/AKB, jantung, hingga risiko kebencanaan.

Untuk diketahui, BTCLS merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat atau tenaga kesehatan lain dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita.

Pelatihan ini menerapkan konsep yang sangat sederhana yaitu, terbentuknya pendekatan ABCDEFGH untuk mengevaluasi dan menanggulangi penderita cedera.

ABCDEFGH ialah sebagai berikut:
A : Airway
B : Breathing
C : Circulation
D : Disability
E : Exposure / Environment (Temperature Control)
F : Folley Catether
G : Gastric Tube
H : Heart Monitor

Kemampuan BTCLS merupakan salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang perawat. (ipf)

Related Articles

Back to top button