Gelar Peringatan Hardiknas, Pemkab Jember Tampilkan Jember Nusantara

JEMBER, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun Jember, Jumat (13/05/2022).

Seluruh perwakilan dari berbagai sekolah se-Kabupaten Jember hadir dalam peringatan Hardiknas tersebut. Mereka mengenakan baju adat berbagai suku yang ada di Indonesia.

Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, ST. IPU. mengaku sengaja menampilkan wajah nusantara dalam peringatan Hardiknas kali ini, dengan harapan para siswa-siswi di Jember mempunyai jiwa saling menghargai perbedaan, yang menurutnya sudah kodrat Indonesia sebagai negara Pancasila.

Selain itu menurutnya, beragam suku budaya nusantara itu ada di Kabupaten Jember.

“Kabupaten Jember memang didominasi suku madura dan suku jawa, namun juga suku lainnya ada di sini berkat banyaknya perguruan tinggi di Jember dimana para mahasiswanya dari berbagai penjuru Indonesia tinggal di Jember, bahkan sampai menemukan jodoh dan akhirnya berkeluarga sehingga menjadi warga Jember,” tutur Bupati Hendy Siswanto.

Dalam peringatan Hardiknas ini, Bupati Jember Hendy Siswanto mengenakan baju adat madura, sedangkan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman mengenakan baju adat jawa.

Peringatan Hardiknas ini tak hanya upacara bendera saja, beragam penampilan keren ditampilkan oleh para perwakilan instansi pemerintah, serta para siswa.

Seperti para guru Pendidikan Anak Usia Dini menampilkan tari rajungan, kolaborasi siswa SMPN 1 Sukowono, SMPN 1 Jember, serta SMPN 14 Jember menampilkan drumband, dan para perwakilan guru menyanyikan “Sekuntum Mawar Merah” serta “Khana”.

Peringatan Hardiknas diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para siswa berprestasi di Kabupaten Jember, juga Pemkab Jember memberikan sepeda motor kepada 30 orang pengawas dan penilik sekolah.

“Kami berharap para guru dan siswa terus meningkatkan kualitas, dan menunjukkan Jember sebagai Kota Pendidikan yang andal,” pungkasnya. (ipf)

Related Articles

Back to top button