Bupati Jember Kukuhkan Forum Pengurangan Risiko Bencana

JEMBER, Bupati Jember Hendy Siswanto mengukuhkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Jember, Jumat 13 Januari 2023.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, Pemkab Jember melalui BPBD Jember untuk pertama kalinya membentuk Forum PRB. Mereka akan bertugas dengan masa  bakti 2023-2025.

Forum PRB ini merupakan langkah Pemkab Jember dalam mitigasi bencana dengan melibatkan berbagai pihak.

“Pemerintah dalam hal ini BPBD Jember bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan mitigasi bencana yang tepat dan cepat, mengurangi risiko bencana dan mempercepat penanganan bencana,” ujar Bupati Hendy Siswanto dalam sambutannya.

Bupati Hendy berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bergabung dalam Forum PRB. Menurutnya, mereka adalah masyarakat yang luar biasa, memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada sesama.

Ia menyampaikan Kabupaten di Jember hampir setiap tahun selalu terjadi bencana. Khususnya saat musim hujan seperti ini, selalu ada banjir .

“Tidak usah jauh-jauh, rumah saya sendiri juga kebanjiran. Tahun ini saja sudah dua kali banjirnya. Dan saya tidak pindah,” kata Bupati Hendy.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Jember, Sigit Akbari mengatakan, jumlah pengurus Forum PRB Kabupaten Jember sejumlah 66 orang.

Ia menyebut, Forum PRB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerahnya, di antaranya dari perwakilan lembaga usaha, akademisi, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi/keahlian, legislative, yudikatif, dan organisasi perangkat daerah, serta relawan penanggulangan bencana. (ipf)

Related Articles

Back to top button