Hari Kebangkitan Nasional, Wabup Jember: Semangat Budi Utomo Tetap Jadi Panutan Bagi Semua

JEMBER, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang berlangsung di Alun-alun Jember, Jumat (20/5/2022).

Berbicara soal Hari Kebangkitan Nasional tak lepas dari perkumpulan Boedi Oetomo yang lahir pada 20 Mei 1908 lalu.

Saat itu, perkumpulan Budi Utomo telah mengubah metode perjuangan masyarakat Indonesia. Sebelumnya mengandalkan perlawanan secara fisik. Namun kemudian memasukkan cara diplomasi. Selain itu, Budi Utomo juga telah mengubah perjuangan yang masih bersifat kedaerahan menjadi nasional.

Tidak hanya itu, semangat organisasi Budi Utomo telah menjadi pemicu munculnya organisasi-organisasi yang juga berjuang di bidang politik secara diplomatis. Setelah Budi Utomo, organisasi yang serupa tumbuh dengan subur di Tanah Air.

Organisasi yang muncul setelah Budi Utomo adalah Sarekat Islam, Perhimpunan Indonesia, Indische Partij, Muhammadiyah, dan lainnya.

Semangat Budi Utomo membuat Presiden pertama Republik Indonesia Ir. H. Soekarno menugaskan Ki Hajar Dewantara untuk merayakan hari lahir perkumpulan Budi Utomo sebagai Hari Kebangunan Nasional, yang kemudian dikenal dengan HariKebangkitan Nasional.

Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman menilai, semangat persatuan yang digagas perkumpulan Budi Utomo masih sangat relevan pada kehidupan berbangsa saat ini, terlebih usai pandemi Covid-19.

“Semangat Budi Utomo seyogyanya menjadi pembakar semangat kita semua untuk bangkit dari keterpurukan di segala sektor, usai diterjang badai pandemi Covid-19 selama dua tahun sebelumnya,” pesan Wabup Jember yang akrab disapa Gus Firjaun.

Gus Firjaun pun menyatakan terus berkomitmen menciptakan berbagai langkah pemulihan ekonomi dan siap mendukung ide kreatif masyarakat dalam memajukan Kabupaten Jember ke depannya. (ipf)

Related Articles

Back to top button