Vaksinasi Covid-19, Tuntaskan Penyuntikan Dosis Pertama untuk Nakes Jember

Jember – Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Jember menuntaskan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Penuntasan itu dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi massal di Aula PB Soedirman Pemkab Jember.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jember, Gatot Triyono, menjelaskan, vaksinasi massal digelar karena sebelumnya para nakes belum mendapatkannya.

“Para nakes yang tidak bisa hadir atau ditunda penyuntikan vaksinnya mendapatkan panggilan untuk ikut vaksinasi di Aula PB Soedirman,” jelasnya Kamis, 04 Pebruari 2021.

Gatot menjelaskan, vaksinasi Covid-19 itu akan diberikan dua kali dengan rentang waktu 14 hari sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan RI.

Vaksinasi yang dimulai sejak 27 Januari lalu merupakan penyuntikan dosis pertama. Sesuai jadwal, dosis kedua mulai diberikan kepada para nakes pada 10 Pebruari 2021.

Sebagaimana diketahui, nakes merupakan kelompok prioritas penerima vaksin yang menjadi sasaran pertama.

Sejauh ini, target vaksinasi nakes Jember sebanyak 7.365 telah tercapai sebesar 69,52 persen atau sebanyak 5.080 dari nakes yang hadir ke fasilitas layanan kesehatan sebanyak 6.610 orang.

Data vaksinasi Covid-19 di Jember itu tercatat pada 03 Pebruari 2021 pukul 17.00, yang telah masuk ke dasbor Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Sementara itu, data manual yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menyebutkan angka yang lebih tinggi.

Berdasar data Dinkes Jember, jumlah nakes yang datang ke fasyankes sebanyak 8.274, dengan sebanyak 6.481 orang sudah divaksin. Persentasenya mencapai 78,33 persen.

“Jika dilihat dari persentase, angka ini telah melebihi target nasional yang sebesar 70 persen,” terangnya. (*)

Related Articles

Back to top button