Tiga Penjabat Kepala Desa Dilantik, Ini Tugas Utamanya

Jember – Tiga orang penjabat kepala desa (Kades) di Jember menjalani pelantikan, Kamis, 11 Februari 2021, di Pendapa Wahyawibawagraha. Mereka punya tugas utama.

Ketiganya yakni Ngatiran yang menjabat sebagai Pj. Kades Sumberlesung Kecamatan Ledokombo, Tohari sebagai Pj. Kades Cangkring Kecamatan Jenggawah, dan Arief Pangayoman menjadi Pj. Kades Gambiran Kecamatan Kalisat.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Muspika dan BPD masing-masing desa.Dalam pengarahannya, Bupati Jember Faida menyampaikan bahwa ketiga Pj. Kades tersebut ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan.

“Penjabat kepala desa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya memiliki tugas utama,” kata Bupati Faida.

Yaitu menyelenggarakan pemerintahan desa agar tetap kondusif, sampai dengan pelaksanaan kepala desa serentak di wilayah masing-masing.

Bupati Faida meyakini penjabat yang dilantik merupakan terbaik untuk desa setempat, yang diharapkan dapat menjalankan tugas secara profesional dan amanah.

Pj. kades diharapkan peka dengan kehidupan masyarakat desa. “Jadilah pamong yang baik dalam melayani masyarakat. Lakukan pembenahan dan perbaikan yang perlu dilakukan,” ujarnya.

Ketiganya juga diingatkan untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah di tingkat kecamatan maupun kabupaten, apabila menemui kendala dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Terkait dengan persoalan hukum, Bupati Faida berpesan agar lebih berhati-hati dalam melakukan pengelolaan keuangan desa, maupun penetapan kebijakan yang menjadi kewenangan Pj. Kades.

“Tunjukkan saudara bisa menjaga kondusifitas wilayah dan kerukunan masyarakat desa, sehingga masyarakat desa bersyukur dengan keberadaan saudara sebagai penjabat kepala desa,” pesannya.

Selain itu, Bupati Faida berpesan untuk muspika dan masyarakat di tiga desa tersebut untuk mendukung Pj. kades dalam menjalankan tugasnya. (*)

Related Articles

Back to top button