Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Tetap Ketat Protokol Covid-19

JEMBER – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman beserta jajaran terkait mengikuti rapat koordinasi virtual dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, Senin sore (25/10/2021).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan seluruh kepala daerah untuk tetap mengetatkan protokol kesehatan. Hal ini dikarenakan,dalam seminggu terakhir seluruh negara mengalami kenaikan kasus Covid-19 dengan rata-rata dua persen.

“Jangan karena tren kasus kita melandai terus, kemudian kita lengah. Ingat hati-hati selama seminggu terakhir ini tren dunia semua negara mengalami kenaikan kasus Covid-19 sebesar rata-rata dua persen, padahal tiga sampai empat minggu yang lalu trennya turun,” pesan Jokowi.

Di Eropa misalnya, dalam minggu ini naik sampai 22 persen, kemudian di Amerika Selatan naik 13 persen kasus Covid-19.

Presiden Jokowi begitu getol berpesan seluruh kepala daerah untuk tetap waspada, karena situasi dunia masih dalam ketidakpastian.

“Tren kenaikan kasus ini masalahnya adalah tiga hal, pertama yaitu relaksasi terlalu cepat tidak melalui tahapan-tahapan, kedua protokol kesehatan yang tidak disiplin lagi di beberapa negara sudah lepas masker, ketiga hati-hati juga yaitu pembelajaran tatap muka, tiga hal ini agar kita semua hati-hati,” tegasnya.

Jokowi menyontohkan pembelajaran tatap muka di Brazil menyebabkan kenaikan kasus sebesar 14 persen.

“Dan hati-hati dari laporan survey yang kita terima dari Badan Intelejen Negara bahwa protokol kesehatan di sekolah yang harus terus dipantau yaitu di kantin, kedua di tempat parkir, sehingga diharapkan kepada para gubernur dan kepala daerah hal ini perlu ditekankan kepada sekolah dan kita juga perlu manajemen pengawasan lapangan terkait protokol kesehatan,” imbaunya. (ipf)

Related Articles

Back to top button