Perkembangan Covid-19, Penambahan Terkonfirmasi Positif di atas 50

Dalam dua minggu terakhir, data penambahan pasien Covid-19 menunjukkan lonjakan tajam. Penambahannya pun menjadi di atas 50 orang, berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Tercatat ada 60 orang terkonfirmasi positif terpapar virus korona pada 16 November 2020. Padahal sehari sebelumnya hanya 21 terkonfirmasi positif.

Meski satu hari berikutnya, 17 November 2020, data menunjukkan penurunan hingga 33, tetapi kembali terjadi penambahan sebanyak 60 orang pada 18 November.

Kondisi lebih mengkhawatirkan terjadi pada 19 November. Sebab, penambahannya mencapai 107 orang. Jumlah yang sangat banyak sejak pandemi pada bulan Maret lalu.

Hari-hari berikutnya, penambahan terkonfirmasi positif berada di atas angka 50.

Jumlah penambahan terkonfirmasi positif itu berbanding jauh dengan penambahan jumlah pasien sembuh, yang hanya berkisar belasan orang sembuh baru.

Sementara itu di sisi kematian, intensitasnya meningkat sejak tanggal 10 November. Kematian akibat Covid-19 bisa dibilang terjadi tiap hari.

Hanya empat hari terjadi kekosongan angka kematian, yakni 11, 16, 17, dan 18 November. Selebihnya hingga 23 November terdapat 2 hingga 4 angka kematian.

Juru bicara Satgas Covid-19, Gatot Triyono, meminta masyarakat tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Saat ini, disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan cara paling ampuh mencegah penularan Covid-19,” ungkap Gatot, Jum’at, 27 November 2020.

Gatot mengingatkan untuk selalu menggunakan masker dengan baik, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak. (*f2)

 

Related Articles

Back to top button