Peringati Hari Ibu, Anggota PKK Jalani Rapid Test Covid-19

Memperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Jember menggelar rapid test COVID-19 untuk semua pengurus hingga tingkat bawah.

“Kegiatan ini merupakan arahan dari pusat melalui surat,  untuk secara serentak melakukan rapid test dalam rangka Hari Ibu, yang sebenarnya bertepatan pada tanggal 22 lalu,” terang Ketua TP PKK Kabupaten Jember, Hj. Maimunah Muqit.

TP PKK sebagai ujung tombak perempuan di kalangan ibu-ibu, lanjutnya, harus steril terlebih dulu sebelum melakukan sosialisasi tentang pencegahan COVID-19.

“Anggota PKK baik dari kabupaten, kecamatan, dan desa hingga bawah akan dilakukan rapid, dan harus mau di-rapid supaya data jumlahnya bisa diketahui,” terangnya di Aula PKK, Senin, 28 Desember 2020.

Ini penting, lanjut Hj. Maimunah, karena hampir satu tahun sudah hidup di tengah pandemi.

Selain itu, langkah mencegah penularan dengan menjaga imun tubuh, mengonsumsi makanan sehat, vitamin dan olahraga, menggunakan masker, cuci tangan, dan menjauhi kerumunan.

“Tidak semua kalangan memahami ini dengan benar, maka harus melakukan pendekatan dengan bijak,” imbuhnya.

Menurutnya, tugas yang perlu dijalankan adalah mengubah pola hidup untuk lebih baik lagi.

” Pakai masker sesak sementara. Kalau sudah meninggal, sesak selamanya. Bersih pikirannya, bersih tindakannya, bersih juga lingkungannya,” tuturnya.

Masyarakat juga diharapkan untuk tidak takut melakukan rapid test, sehingga apabila terjangkit dapat segera diobati.

“Bagi yang reaktif OTG, bisa melakukan isolasi mandiri. Dan jangan berkecil hati, covid-19 bukan aib dan bukan penyakit tercela,” pungkasnya. (izza)

Related Articles

Back to top button