Peringati HANTARU ke 62, Inilah Sederet Pesan Bupati Jember

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. memimpin upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke-62 yang berlangsung di halaman Kantor ATR/BPN Kabupaten Jember, Senin (26/9/2022).

Dalam sambutannya ia mengajak seluruh insan pertanahan supaya menyukseskan program percepatan pendaftaran tanah sesuai amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepadanya.

“Saya mengingatkan kembali tugas yang saya arahkan pada saat Rakernas, sejalan dengan tugas yang diberikan oleh bapak Presiden kepada saya oleh karena itu mari kita bersama-sama melaksanakan; satu, percepatan pendaftaran tanah melalui PTSL,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Dua, penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan reforma agraria serta pemberantasan mafia tanah. Tiga, dukung percepatan pembangunan IKN.

Dia menyebut melalui PTSL, capaian pendaftaran tanah telah mencapai 81,6 juta bidang tanah se-Indonesia dan terus ditingkatkan.

“Jumlah itu setara dengan 64,7 persen luas wilayah Indonesia. Dan untuk mencapai 100 persen pada 2025 harus menyusun yang terbaik. Saya mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengimbau kepada jajaran Kementerian ATR/BPN untuk dapat memanfaatkan tanah yang habis masa berlakunya, tanah-tanah yang tidak termanfaatkan untuk mendukung eksistensi dari Bank Tanah.

Bank Tanah sendiri sebagai lembaga yang berfungsi menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan untuk kepentingan umum, sosial, pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan Reforma Agraria, serta mendorong investasi karena dapat dengan cepat menyediakan tanah. (ipf)

Related Articles

Back to top button