Wabup Pantau Pilkades PAW Nogosari Pastikan Sesuai Aturan

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief bersama unsur Forkopimda melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan Pilkades PAW Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Rabu (09/05/2018).

Wabup dalam wawancara menyampaikan, pemantauan ini bertujuan untuk memastikan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Yang lebih penting, bagaimana pelaksanaan ini masyarakat tetap kondusif di daerah nogosari ini,” ujarnya. Situasi dan kondisi harus tetap dijaga, apalagi bertepatan dengan tahun politik, Pilkada dan Pemilu.

Wabup mengungkapkan, setelah bertemu dengan lapisan masyarakat diperoleh penilaian bahwa masyarakat sangat siap menjaga kondusifitas. Mereka juga siap menerima siapapun yang terpilih dalam pemilihan ini.

Kepada panitia pelaksana, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih. Wabup juga yakin pelaksanaan ini akan berlangsung kondusif dan lancar.

Satu kandidat yang terpilih nanti, lanjut Wabup, merupakan pemimpin yang terpilih sesuai dengan kaidah demokrasi.

“Agree to disagree, menyetujui terhadap orang orang yang kemarin kita tidak setujui,” jelas pria yang akrab disapa Kiai Muqit ini.

Siapapun yang terpilih, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, diterima dan didukung. Sehebat apapun yang terpilih, jika tidak didukung, pembangunan di desa tidak akan maksimal.

“Siapapun yang terpilih, tolong diterima dan didukung dengan segala kemampuan masing masing, agar Nogosari semakin maju,” pesan Wabup.

Pemilihan kepala desa PAW ini digelar setelah kepala desa sebelumnya meninggal dunia. Pemilihan melibatkan para tokoh masyarakat, RT, RW, dan BPD sebanyak 218 orang.

Ada tiga kandidat yang mencalonkan diri dalam Pilkades kali ini. Mereka yakni Yudi Hermawan, Sugeng Mariyanto, dan Esa Hosada. Jika terpilih, Kades akan melanjutkan kepemimpinan hingga tahun 2019.

Kepala Bagian Operasional Polres Jember Kompol M. Lutfi menjelaskan, kepolisian bersama pemerintah desa dan Muspika melaksanakan pengamanan terkait Pilkades PAW di Desa Nogosari ini dengan melibatkan personil TNI dan Polri sebanyak 100.

“Ada personil dari Rekskrim, intel, dan beberapa Polsek rayon, disiapkan pengamanan mulai tadi malam sebelum pelaksanaan,” jelasnya.

Ia mengatakan, hasil koordinasi pada hari pelaksanaan tidak menemukan kendala di Desa Nogosari maupun di Kecamatn Rambipuji. Meski demikian, tetap ada antisipasi. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Wabup Pantau Pilkades PAW Nogosari Pastikan Sesuai Aturan"