Wabup Meninjau Kerusakan Drainase dan Longsor di Silo

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Senin, 26 Agustus 2019, meninjau langsung lokasi drainase yang mengalami kerusakan di Kecamatan Silo.

“Kerusakan ini cukup membahayakan bagi para pengguna jalan,” terang Wabup di lokasi drainase rusak.

Peninjauan itu dilakukan setelah mendapat laporan dari masyarakat. Wabup mengaku mendapat laporan belasan kerusakan drainase.

Namun, setelah mengecek laporan tersebut, ditemukan lebih banyak lagi drainase yang mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi diperkirakan akan terus bertambah. Karena itu, masih kata Wabup, kondisi ini sangat penting untuk segera ditangani. Terlebih sebentar lagi memasuki musin hujan.

Dari pengecekan didapat beberapa titik yang sangat berbahaya bagi para pengguna jalan.

Pengecekan yang dilakukan bersama tim dari Bina Marga itu agar bisa secepatnya menangani kerusakan yang terjadi.

“Terutama pada titik-titik yang memang memerlukan perbaikan secepat mungkin,” ungkap Wabup kepada wartawan.

Titik kerusakan yang parah berada di Desa Silo, yaitu di sepanjang jalan mulai dari pasar ke arah utara.

Sementara lokasi yang mengalami kerusakan sangat parah yaitu jembatan di Desa Karangharjo. “Namun ini sudah masuk anggaran 2019 dan akan segera diperbaiki,” terangnya.

Untuk menjaga agar kerusakan tidak semakin cepat dan bertambah parah, Wabup berharap para pengawas jalan benar-benar menjalankan kewajibannya sesuai tupoksi.

“Kelas jalan ini adalah kelas tiga. Jika ada truk besar masuk, ini akan semakin mempercepat kerusakan jalanan, termasuk juga drainase ini,” kata Wabup.

Wabup menjelaskan, kendaraan berat semestinya tidak boleh melewati jalan kelas tiga. Untuk itu, Wabup berjanji akan berkoordinasi dengan Muspika setempat, terutama dengan Dinas Perhubungan.

“Supaya nanti jangan sampai ada yang dirugikan atas apa yang menjadi kebijakan dari bupati, khususnya tentang penggunaan jalan ini,” tuturnya.

Saat perjalanan meninjau lokasi kerusakan, Wabup mengunjungi SD Silo III dan bertemu dengan para guru. Kedatangan Wabup pun disambut oleh siswa-siswi disana.

Tak ketinggalan Wabup juga memberikan sejumlah paket alat tulis untuk sekolah. Alat tulis juga diberikan kepada siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan dari Wabup.

Wabup juga mengunjungi Puskesmas Silo lalu ngobrol santai dengan beberapa tenaga kesehatan disana.

Dari pantauan di lapangan, ada sekitar 11 titik kerusakan drainase, serta sekitar 30 titik longsor yang berada di sepanjang jalan mulai dari pasar ke arah utara. (mutia/izza/*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker