TJL Beraksi, Tambal Lubang Jalan Hingga Bereskan Penyumbatan Drainase

Meski di tengah pandemi virus korona atau Covid-19, Tim Jalan Lubang (TJL) sebagai tim reaksi cepat di bawah kendali Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga terus melaksanakan tugas.

Tim yang dibentuk Bupati Jember, dr. Faida, MMR., sebagai tim yang bertugas merespon laporan warga itu bekerja mulai dari memperbaiki jalan, membersihkan saluran air, hingga memotong pohon tumbang.

“Tim siang ini menambal lubang di Jalan Mastrip, Jalan KH Shiddiq, dan di Jalan HOS Cokroaminoto,” terang Gatot Triyono, Sabtu, 30 Mei 2020.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember ini mengatakan, penambalan jalan dikerjakan oleh tim 6 yang berada dalam Tim Jalan Lubang (TJL). Di Jalan KH Shiddiq, tim menambal 9 titik lubang.

Sedang di Jalan HOS Cokroaminoto, tim menambal dua lubang. “Tim berencana akan kembali melanjutkan penambalan pada Selasa, 02 Juni, pekan depan,” imbuh Gatot.

Tidak hanya menambal lubang jalan. Tim yang berada di bawah koordinasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga  juga melakukan pembersihan saluran air.

Seperti dilakukan di Jalan Trunojoyo. Tampak tim 2 dan 3 mengeluarkan walet dari saluran air di bawah trotoar. Mereka juga membersihkan sampah yang menyumbat saluran di pinggir jalan.

Pembersihan itu berhasil mengangkut walet dan batu sebanyak satu mobil pikap. Juga satu pikap sampah yang banyak popok bayi dan plastik. Semua sampah kemudian dibuang di TPS Jalan Imam Bonjol.

“Saat pembersihan, tim menemukan adanya saluran yang ambrol sepanjang tiga meter,” terangnya. Melihat sampah popok yang ditemukan tim, Gatot menilai masyarakat kurang tertib dalam membuang sampah.

Di tempat lain, ada tim 4 yang melakukan pemotongan pohon mati di ruas Jalan Kaliwining – Jubung. Tim kemudian melanjutkan pekerjaan memotong pohon tumbang yang berada di ruas Jalan Balung – Dam Karuk Kecamatan Balung. (*f2)

 

Related Articles

Back to top button
Close