Tinjau Perbaikan RTLH, Bupati akan Bentuk Satgas

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., akan membentuk satuan tugas untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat.

Ini disampaikan bupati setelah mengunjungi warga Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Selasa, 16 Juli 2019, untuk meninjau rumah tidak layak huni (RTLH) yang akan diperbaiki pemerintah.

Kepada wartawan bupati menjelaskan, masalah yang ditemuinya saat kunjungan ini diantaranya ada warga yang membutuhkan bola mata palsu serta anak yang menderita gangguan penglihatan.

Dengan satuan tugas tersebut diharapkan membantu percepatan penyelesaian masalah yang dihadapi  oleh masyarakat.

“Akan segera dibuat Satgas untuk masalah-masalah, sehingga di setiap desa ada perwakilan yang terlatih khusus menyosialisasikan program dan mengakses program,” ungkapnya.

Bupati juga menemukan masih banyak rumah warga yang termasuk RTLH. Juga menemukan tanah longsor di daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Terpadu, dan Cipta Karya Deni Wijananto menjelaskan langkah-langkah Pemerintah Kaupaten Jember dalam menangani longsor yang baru saja ditemukan.

Pertama, survei kondisi tanahnya. Ini untuk mengetahui seberapa bahaya, masih cukup kuat atau tidak.

Setelah itu dilakukan penanganan darurat, seperti penutupan terpal agar air hujan tidak masuk ke tanah. Penutupan ini bertujuan agar  tidak menyebabkan kemungkinan longsor susulan.

“Sementara ini akan dipertahankan akses jalan yang ada. Jangan sampai tertutup lagi, makanya dilakukan penguatan tebing di atas agar tidak terjadi longsor susulan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, sesuai petunjuk bupati, pemerintah akan melakukan cek ketersediaan anggaran terlebih dahulu. Jika darurat, maka akan dilakukan di Perubahan APBD 2019 atau di tahun 2020. (izza/mutia/*f2)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker