Tahun 2019, Seleksi Pecinta AL Qur’an Mulai dari Desa

This slideshow requires JavaScript.

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief berharap pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2019 dimulai dari tingkat desa.

Harapan itu disampaikan saat penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2018 di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Minggu malam, 2 Desember 2018.

Dengan memulai dari tingkat desa akan diperoleh para pecinta Al Qur’an dari berbagai aspek secara komprehensif. Rencana ini merupakan upaya perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan MTQ.

“Musabaqoh ini akan kita mulai dari tingkat perdesaan. Sehingga nanti akan kita dapatkan benih-benih anak-anak yang mencintai Al Qur’an dari berbagai aspek secara komprehensif,” ujar Wabup kepada wartawan.

Menurut Wabup, musabaqoh merupakan upaya untuk membumikan Al Qur’an. Karena itu, bagi generasi muda yang sudah bisa membaca Al Qur’an untuk terus meningkatkan ke pemahaman terhadap Al Qur’an.

“Al Qur’an diturunkan bukan hanya untuk dibaca, tetapi untuk menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,” ungkapnya.

Penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Jember tahun 2018 ini diisi dengan penyerahan tropi, piagam, dan uang pembinaan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Dr. Edy Budi Susilo menjelaskan, di lomba perorangan pemenang pertama mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 1 juta, kedua Rp. 750 ribu, dan ketiga Rp. 500 ribu.

Sementara untuk kategori beregu, juara pertama mendapat uang pembinaan sebesar 1,5 juta, juara dua Rp. 1,25 juta, dan juara ketiga Rp. 1 juta.

“Pemenang berhak untuk ikut seleksi kafilah pembinaan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019,” terang Edy, yang menjadi Ketua Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2018.

Dan dari pembinaan kafilah itu akan terpilih satu terbaik untuk ikut kejuaraan MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019, yang pelaksanaannya direncanakan bulan Juni tahun 2019 di Kabupaten Tuban.

Dalam MTQ kali ini, Kecamatan Sumbersari keluar sebagai juara umum. Penyerahan tropi oleh Wabup kepada Camat Sumbersari. (*f2)

No Response

Leave a reply "Tahun 2019, Seleksi Pecinta AL Qur’an Mulai dari Desa"