Sunatan Massal Libatkan 100 Tenaga Medis

Pemerintah Kabupaten Jember mengerahkan 100 tenaga medis dalam kegiatan sunatan massal yang berlangsung di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Rabu 26 Desember 2018.

Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Jember mempunyai program Sunatan Massal 5.000 Anak.

Untuk pertama, jumlah anak yang mengikuti sunatan massal berjumlah 535 yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Jember.

Program sunatan massal ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Jember mengenalkan ajara-ajaran agama dan perintah Allah SWT kepada anak-anak usia dini.

Program ini juga merupakan kegiatan untuk mengenalkan cara-cara khitan yang sehat. Sunatan massal juga bagian dari cara untuk menjaga kebersihan.

“Sebagaimana kita tahu, khitan merupakan salah satu syariat yang sangat ditekankan di dalam ajaran agama,” tutur Wabup.

Kepada para orang tua, yang menginginkan anaknya menjadi orang sholeh, khitanan massal ini merupakan salah satu upaya mengantarkan anak menjadi sholeh.

Para orang tua juga diharapkan untuk memperhatikan pendidikan dan pergaulan serta kehidupan yang sehat anak-anak.

Dalam kegiatan sonata tersebut, anak-anak yang menjadi peserta mendapatkan uang saku Rp 150 ribu dan mendapatkan pakaian muslim lengkap.

Lebih jauh Wabup Jember Muqit menjelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember untuk mengantarkan generasi muda di Jember menjadi sehat dan cerdas dengan beasiswa dan jaminan kesehatan.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Jember,  Drs. Hadi Mulyono, M.Si menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Sunatan Massal 5.000 Anak.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari 22 Janji Kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember, yakni janji kerja ke-13. “Yaitu untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi semuanya,” jelasnya.

Kegiatan ini untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kesehatan gratis untuk kaum dhuafa di Kabupaten Jember, melaksanakan sunnah Rasul, melaksanakan sosialisasi penanganan kebersihan dan kesehatan, serta memberikan sosialisasi kebutuhan dalam hal keamanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr Nurul Qomariyah, M.Kes menyampaikan rangkaian kegiatan sunatan massal sampai mencapai 5.000 anak.

“Kita adakan khitanan massal sampai dengan total 5000 anak se-Kabupaten Jember, sampai dengan tanggal akhir Desember ini,” jelasnya. Kelanjutannya akan diselesaikan di tiap-tiap Puskesmas dan dituntaskan pada tahun 2018. (izza/*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker