Spektakuler! Dirjen Zudan Apresiasi Pemkab Jember Gelar Isbat Nikah 1.000 Pasangan

Koordinasi antarpemerintahan yang sangat bagus sudah dibuktikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Itu sebabnya, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Prof. Zudan Arif Fakrulloh sangat mengapresi upaya Bupati Jember Hj Faida menyelenggarakan isbat nikah kepada 1.000 pasangan menikah di Jamber, Jumat (28/8/2020).

Seribu pasangan yang diisbatnikahkan serentak tahun ini, dan sudah berjalan 3 tahun. Ditjen Dukcapil sudah mencatat 7.112 pasangan nikah se Kabupaten Jember.

“Salut untuk Ibu Bupati, ini suatu peristiwa yang spektakuler. Semoga mendapat ridho dan dirahmati Allah SWT dan memberikan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Jember wabil khusus pasangan yang diisbatnikahkan,” kata Dirjen Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutan virtualnya dari kantor pusat Ditjen Dukcapil, di Jakarta, hari yang sama.

“Buat yang berbahagia pengantin baru ‘stok lama’, ini bulan Agustus kita baru merayakan yang ke-75 tahun Kemerdekaan RI. Hari ini Jumat penuh berkah bagi Ibu Bapak semua. Semoga bertambah berkah sakinah mawaddah wa rahmah mengalir sampai kepada putra putrinya, anak cucu dan seluruh keturunannya nanti bisa membahagiakan semuanya,” ucapnya pula.

Dirjen Zudan mengaku sangat mendukung kegiatan isbat nikah ini. “Kemendagri bersama Kemenag terus mendorong upaya isbat nikah. Sebab sesuai UU Perkawinan, sah secara agama harus diikuti sah secara negara,” kata Dirjen Zudan.

Selain itu, dengan memiliki buku nikah akan berimplikasi ke dalam catatan kependudukan. “Tolong Bu Kadis Santi nanti diikuti dengan KK-nya diperbarui, kalo ada akta kelahiran yang perlu dilengkapi segera diperbaiki. Yang belum punya akta kelahiran segera diterbitkan akta kelahiran, yang KTP-elnya belum diperbaiki dengan status menikah segera diperbarui,” pesannya kepada Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jember, Isnaini Dwi Susanti. Dukcapil***

 

Related Articles

Back to top button