Siapkan Kafilah MTQ 2019

This slideshow requires JavaScript.

Untuk menghadapi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar MTQ tingkat kabupaten.

Lebih dari 600 peserta dari 31 kecamatan berlaga di ajang para qori’ dan qoriah yang akan berlangsung selama dua hari, 1 – 2 Desember 2018.

Pembukaan kegiatan ini oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Sabtu, 1 Desember 2018.

Bupati Faida menyebut jumlah peserta pada tahun ini lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini berkat sinergi Kementerian Agama Kabupaten Jember dengan masyarakat dan Pemkab Jember.

“Anak-anak yang berprestasi ini memang perlu pembuktian, perlu panggung. Memberi semangat dan memberikan mereka kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dan eksistensinya,” tutur bupati.

Sebelum berlaga di panggung MTQ, para generasi qur’ani ini mempersiapkan diri. Untuk hal ini, bupati menyampaikan perhatian pemerintah kepada para guru ngaji.

Perhatian tersebut berupa peningkatan insentif dan pemberian asuransi kesehatan. Selain itu, guru ngaji akan dikirim ke sekolah-sekolah agar tidak ada anak muslim yang buta baca – tulis Al Qur’an.

Bupati juga menjelaskan, pemerintah memberikan beasiswa bagi para penghafal Al Qur’an. Besiswa ini tanpa memandang latar belakang hafidz dan hafidzoh.

Perhatian lain yang diberikan pemerintah yakni pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi akses pendidikan, sekolah umum, maupun pesantren menjadi prioritas.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. H. Edy Budi Susilo, MSi menyampaikan, MTQ tingkat kabupaten untuk  mewujudkan masyarakat muslim yang cinta dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan harapan tercipta suasana kehidupan Qur’ani yang memperoleh perhatian dari seluruh masyarakat Kabupaten Jember,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai persiapan dan seleksi awal calon kafilah Kabupaten Jember pada MTQ ke-29 tingkat Propinsi Jawa Timur pada tahun 2019 di Tuban.

Dengan seleksi dan penjaringan yang objektif akan mendapat qori’ dan qori’ah yang lebih baik dan berprestasi dan dapat bersaing dengan kabupaten lain.

Jumlah peserta sebanyak 632 orang dari 31 kecamatan di Kabupaten Jember. Jumlah ini lebih besar dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Lokasi lomba terletak di tujuh titik. Cabang lomba tilawah remaja dan dewasa berlangsung di Aula PB. Soedirman.  Tartil dan tilawah anak-anak di Masjid Jami’ Al-Baitul Amin, dan lomba satu juz – lima juz tilawah di Aula Dharma Wanita. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Siapkan Kafilah MTQ 2019"