Siagakan 181 Petugas Kebersihan, Berharap Partisipasi Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Lingkungan Hidup menyiagakan 181 petugas kebersihan menjelang malam pergantian tahun baru untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Namun, peran serta masyarakat menjaga kebersihan tetap sangat penting.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arismaya Parahita melalui Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Sampah Adrian S Sapnadi,  SP. menjelaskan para petugas kebersihan tersebut ditempatkan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat, seperti taman kota.

Adrian mengatakan, DLH sudah menyiapkan petugas untuk antisipasi munculnya sampah pada malam tahun baru.

“Mulai dari sekarang, karena kebetulan pada 1 Januari 2019 merupakan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jember, sehingga ada beberapa even yang terkait dengan perayaan itu,” katanya via telepon, Senin siang 31 Desember 2018.

Petugas kebersihan tersebut disiagakan di beberapa titik untuk bisa segera menangani bertambahnya sampah akibat keramaian masyarakat pada malam tahun baru.

Dengan petugas yang siaga tersebut, timbulan sampah dan kebersihan kawasan, khususnya kawasan kota, bisa terjaga dengan baik. “Sehingga pelayanan masalah penanganan sampah keesokan harinya  bisa normal,” tuturnya.

Petugas kebersihan itu juga disiagakan di beberapa ibu kota kecamatan, yang terdapat pelayanan kebersihan lingkungan.

Adrian menjelaskan, pada hari biasa rata-rata tiap hari harus menangani 600 kubik sampah. Terjadi peningkatan volume sampah hingga 10 sampai 12 persen saat ada keramaian masyarakat.

Selain 181 petugas kebersihan, DLH juga menyiagakan 5 armada dump truck  dan 12 kendaraan roda tiga. Bahkan petugas di tempat pengelolaan akhir (TPA) juga disiagakan, sehingga bisa menangani sampah yang harus segera masuk TPA.

Selain itu, di kawasan publik, seperti alun-alun, ada tambahan tempat sampah. Ada sekitar 20 tempat sampah tambahan. Juga menyiagakan tempat sampah mobiling, sehingga terjadinya penumpukan sampah saat even masyarakat dapat segera tertangani.

Untuk kawasan jalan, lanjutnya, ketika ada keramaian tidak bisa langsung ditangani. Karena itu ditempatkan tempat-tempat sampah.

Terkait pembersihan sampah akibat keramaian masyarakat pada malam tahun baru, Adrian merencanakan pada pukul 01.00 atau 02.00, atau tidak lama setelah puncak perayaan tahun baru pukul 00.00.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar perayaan tahun baru 2019 tetap menjaga kebersihan, artinya tidak menimbulkan sampah dan menempatkan atau membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan,” ujarnya.

DLH juga membuka ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya-upaya pengurangan sampah. Seperti mengurangi penggunaan barang-barang konsumsi dengan kemasan sekali pakai.

Adrian berharap masyarakat merayakan tahun baru juga dengan tidak menambah jumlah sampah, karena sangat berarti bagi menjaga kebersihan lingkungan.

Apabila ada timbulan sampah yang sangat banyak, Adrian mempersilakan masyarakat menghubungi langsung DLH, atau menghubunginya melalui telp./WA 081 336 759 758. (*f2)

No Response

Leave a reply "Siagakan 181 Petugas Kebersihan, Berharap Partisipasi Masyarakat"