Salurkan Rastrada untuk 7.852 Lansia

Para lansia di Kabupaten Jember kembali mendapatkan perhatian pemerintah. Kali ini perhatian itu untuk para lansia yang belum terdukung oleh program pemerintah.

“Rastrada ini diberikan kepada seluruh lansia di Kabupaten Jember yang tidak tersentuh program PKH dan BNPT dari pemerintah pusat,” terang Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief.

Rastrada merupakan program Pemerintah Kabupaten Jember untuk para lansia. Bantuan berupa beras ini diberikan kepada 7.852 lansia dari 165 desa di 31 kecamatan.

“Bantuan ini diberikan kepada penerima sebanyak 1 kwintal selama 1 tahun atau 10 kg selama 10 bulan,” jlentreh Wabup.

Pemberian bantuan untuk ribuan lansia tersebut dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama berlangsung di MTs Raden Rahmat Kecamatan Umbulsari, Senin, 14 Oktober 2019.

Di tempat ini, Wabup menyerahkan bantuan secara simbolis untuk lansia dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Umbulsari dan Gumukmas.

Ada sekitar 351 keluarga penerima manfaat Rastrada Pemkab Jember di kedua kecamatan tersebut.

Kepada masyarakat, Wabup berharap muncul peran aktif untuk mengawal program ini. Salah satunya untuk meminimalisir kesalahan pemberian ini.

Untuk itu, masyarakat bisa memberikan masukan berupa data dan informasi terkait lansia yang sudah menjadi penerima program maupun lansia yang masih belum menerima program dari pemerintah.

Wabup secara khusus meminta ada pembaharuan data dari masyarakat agar bantuan dalam program tesebut tepat sasaran.

“Diharapkan masukan dari masyarakat jika ada tetangganya yang perlu mendapat bantuan ini, bisa disampaikan ke kades, lurah, camat, ataupun Dinas Sosial, supaya tidak ada lansia yang berhak mendapatkan tapi tidak mendapatkan bantuan tersebut,” ungkapnya.

Selain Rastrada, Pemkab Jember juga memberikan bantuan berupa paving jalan dan sarana MCK (Mandi,Cuci, dan Kakus) di 3 sekolah, RKB (Ruang Kelas Baru) 2 di dua sekolah. Semua bantuan untuk Kecamatan Umbulsari dan Gumukmas itu direncanakan realisasi pada tahun 2020.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Wahyu Setyo H. S.KM,M.Si,. menjelaskan, sasaran penerima bantuan Rastrada ini dari ibu-ibu lansia, ada juga dari pra-lansia yang memasuki kreteria fakir miskin, dan juga penerima yang tidak menerima bantuan lain.

“Penyaluran Rastrada dibagi di 12 wilayah, yakni pertama di wilayah Umbulsari, lalu di Jombang, Sumberbaru, Tanggul, Kalisat, Jelbuk, Silo, Ambulu, Jenggawah, Puger, Panti, dan Kaliwates,”jlentrehnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat Drs. H. Imam Maksum, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Wabup. “Dan bantuan-bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jember,” ucapnya.

“Mudah-mudahan semua diberkahi, dan apa yang dilaksanakan dimudahkan oleh Allah SWT,” harapnya. (izza/mutia/*f2)

 

 

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker