Presiden : Pemanfaatan Teknologi Harus Diikuti Perubahan Kerja

This slideshow requires JavaScript.

Sekda Ir. Mirfano menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-47 Korpri Tahun 2018 di Alun-alun Jember, Kamis 29 November 2018. Sekda membacakan sambutan tertulis Presiden RI sebagai Penasihat Nasional Korpri.

Dalam sambutan tersebut, Presiden berpesan agar upaya memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara harus selalu ditingkatkan.  Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, aparatur sipil negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

Pemanfaatan teknologi  oleh  masyarakat dan juga  dunia  usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban aparatur sipil negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja.

Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh sungguh,  meningkatkan  kualitas  kerja dan tata  kelola  pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas.

Serta, mau tidak mau, ASN harus selalu open mind, terus  melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

“Oleh karena itu, kepada seluruh ASN di semua lapisan  pemerintahan  dan  di  semua  sektor,  saya  minta  untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing,” kata Presiden.

Semua permasalahan yang ada di masyarakat  itu  bersifat  lintas  sektoral,  bahkan  juga   lintas  daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,  presiden yakin  ASN bisa  mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Mulai tahun  2019,  pemerintah akan melakukan  program besar-besaran untuk  memperkuat  sumberdaya manusia  untuk  menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan.

“SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat,” imbuh presiden.

Dalam kaitan ini, diminta kepada seluruh jajaran ASN untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM  kita,  menjadi  agen transformasi  dalam  membangun talenta-talenta anak bangsa.

“Dengan peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan  secara besar-besaran dan akan  memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa,” kata presiden.

Kepada seluruh anggota Korpri saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Korpri yang  Ke-47, junjung tinggi  Panca Prasetya Korpri, dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi.

Mirfano sendiri mengatakan, Korpri merupakan organisasi yang terdiri dari ASN, BUMN, BUMD, serta perangkat daerah. “Organisasi ini akan kita dorong untuk bisa meningkatkan SDM para ASN,” ungkapnya.

ASN menghadapi tantangan yang cukup berat, karena menghadapi digitalisasi. Setiap ASN harus professional, dalam arti harus punya kapasitas yang cukup serta adaptif.

“Hal yang paling penting adalah, ASN harus bisa menguasai teknologi, karena teknologi base adalah bagian dari pelayanan yang tidak bisa tidak harus di lakukan, harus efisien dan cepat dalam pelayanan,” pungkasnya. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Presiden : Pemanfaatan Teknologi Harus Diikuti Perubahan Kerja"