PPK Wajib Menjalankan Tugas Dengan Tegak Lurus

 width=

Bupati Jember, dr. Faida, MMR., berpesan kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2020 agar menjalankan tugas dengan tegak lurus.

Pesan disampaikan dalam sambutan pelantikan PPK se-Kabupaten Jember, Sabtu, 29 Februari 2020, di salah satu hotel di Jember.

Sikap tegak lurus itu mesti dijalankan karena PPK menjadi pihak yang mengusahakan demokrasi berjalan dengan adil. “Selebihnya biarkan masyarakat memilih,” jelasnya.

Menurut” bupati, tanggung jawab yang dijalankan PPK merupakan kehormatan yang diberikan oleh negara.

Karena itu, hendaknya semua anggota PPK menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “PPK wajib menjalankan tugasnya dengan tegak lurus. Tidak lebih, tidak kurang,” tuturnya.

Bupati juga berpesan agar 155 anggota PPK di 31 kecamatan tidak menyia-nyiakan kehormatan yang telah diterimanya itu.

“Jangan kecewakan kepercayaan masyarakat, karena sejatinya kesejahteraan satu kabupaten / kota diawali dengan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara demokratis dan adil,” ungkapnya.

“Selamat bertugas. Jaga integritas kalian, jaga keadilan demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Ketua KPU Jember, Muhammad Syai”in, menjelaskan, PPK yang telah dilantik sudah melalui proses pemilihan yang sangat panjang.

Karena itu, anggota PPK harus memegang penuh tugas dan tanggung jawabnya sesuai sumpah janji PPK. “”Yakni sebagai tonggak untuk melakukan sebuah kode etik perilaku dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020,” katanya.

PPK harus dapat menjaga integritas, karena integritas dibangun dari konsistensi terhadap aturan yang sudah berlaku atas pelaksanaan pemilihan kedepan. “Maka bekerjasamalah sesuai ketentuan, tugas dan tanggungjawab,” katanya.

Gogot Cahyo Baskoro, S.Sos,. Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilihan KPU Provinsi Jatim, mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Jember, yang selama ini memfasilitasi pelaksanaan pemilihan bupati dan wabup tahun 2020.

“KPU Jember dari sisi fasilitasi anggaran, berada diurutan ketiga tertinggi di Jawa Timur, dengan jumlah pemilih kurang lebih 1,8 juta, dan anggaran 82 milyar,” ungkap Gogot.

Mantan aktivis PMII Jember ini juga menyampaikan pada tanggal 7 Maret 2020 akan ada launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember, yang dimeriahkan oleh Tiara Idol dan Bintang tamu lainnya. (izza/mutia/*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close