Petani Senang Ada Kartu Tani

Muhammad Munir mengakui semua petani sekarang senang dengan adanya kartu tani yang dibagikan langsung oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

Petani asal Kecamatan Kalisat ini bahkan mengaku program tersebut menguntungkan petani. Kartu tersebut memudahkan petani mendapatkan pupuk.

“Program ini bagus. Alhamdulillah memudahkan rakyat. Ada kartu tani ini semuanya senang,” tutur Munir ditemui saat pembagian kartu tani oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR., Jum’at, 04 September 2020.

Menurutnya, pupuk merupakan kebutuhan nomor satu bagi petani. Apabila tidak ada pupuk, maka petani bercocok tanam apapun akan gagal. “Sebelumnya, pupuk selain sulit juga mahal sekali,” imbuhnya.

Petani yang sekarang bercocok tanam jagung itu menyampaikan, harga pupuk nonsubsidi mahal. Ada selisih sekitar Rp. 100 ribu dengan yang subsidi dengan kualitas sama.

“Kami senang dengan adanya kartu tani ini. Kami juga senang karena untuk penuntasan pembagian kartu tani sampai dihadiri Bupati Faida secara langsung,” ucapnya dengan senyum.

Ia mengaku membeli pupuk di toko atau di kios terdekat. “Nanti saya ambil sendiri di toko atau di kios pupuk,” katanya.

Munir juga berharap kartu tani memapu menambah kemajuan pertanian di Jember. Petani pun lebih berhasil.

Bupati Faida dalam sambutannya mengatakan, pupuk bersubsidi dapat dibeli dengan menggunakan kartu tani untuk kebutuhan bulan September.

Apabila terdapat kekurangan pupuk, akan ditambah dengan bantuan dari APBD Kabupaten Jember. Ada subsidi untuk pembelian pupuk nonsubsidi.

Kali ini Bupati Faida membagikan kartu di Kecamatan Kalisat, yang dibagikan di sepuluh lokasi. Total petani Kalisat yang menerima kartu tersebut sebanyak 1.832.

Rinciannya, Desa Patempuran (67 kartu), Desa Sukoreno (37 kartu), Desa Sumber Kalong (36 kartu), Desa Ajung (195 kartu), Desa Gambiran (192 kartu), Balai Desa Glagahwero (196 kartu).

Berikutnya Desa Gumuksari (171 kartu), Desa Kalisat (289 kartu), Desa Plalangan (179 kartu), Desa Sebanen (96 kartu), Desa  Sumber Jeruk (194 kartu), dan Desa Sumber Ketempa (180 kartu).

Pembagian kartu tani di Kalisat merupakan rangkaian pembagian untuk 30 ribu petani di seluruh Jember. Dibagikan per desa dan diberikan langsung kepada petaninya sendiri.

“Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi harus menggunakan kartu tani. Dengan kartu tani juga mudah untuk mendapatkan kredit usaha rakyat,” terang Bupati Faida. (izza/*f2)

Related Articles

Back to top button
Close