Pesan Kesejukan Jelang Pilkada Jember

Pemerintah Kabupaten Jember meminta para tokoh agama menyampaikan pesan kesejukan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jember.

“Para tokoh agama, di tempat ibadah masing-masing diharapkan untuk bisa menyampaikan pesan kesejukan, bersama-sama menjaga kondusifitas jelang Pilkada di Jember,” terang Plt. Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief.

Permintaan itu disampaikan saat silaturahim Pemerintah Kabupaten Jember dengan para tokoh agama. Acara yang digelar secara lesehan itu berlangsung di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, 8 Oktober 2020.

Pesan kesejukan itu tepat disampaikan para tokoh agama. Sebab, mereka adalah sosok panutan masyarakat.

Pesan yang disampaikan para tokoh agama tentang kebutuhan kondusifitas situasi akan membantu menyejukkan suasana jelang pilkada yang dibayang-bayangi pandemi virus korona saat ini.

Para tokoh agama itu, masih terang Plt bupati, tidak biasa tampil di media massa maupun media sosial. Meski demikian, keberadaan mereka betul-betul dirasakan masyarakat.

Pertemuan dengan para tokoh masyarakat itu diharapkan juga dilakukan oleh para camat dan lurah maupun kepala desa.

Ketua Musyawarah Antar Agama (MAG) Jember, Ignatius Sumarwi, menyatakan pertemuan itu menjadi momentum yang sangat bagus untuk membangun soliditas masyarakat Jember menjelang pilkada.

“Ketika pesta demokrasi terkesan masyarakat menjadi terbelah,” katanya.  “Konsolidasi seluruh tokoh masyarakat supaya tidak terjebak kepada kepentingan sesaat,” imbuhnya.

Menyampaikan pesan kesejukan kepada umat seperti harapan pemerintah, lanjutnya, menjadi tanggung jawab para tokoh agama.(hafid, izza  *f2)

Related Articles

Back to top button