Peringati HDI, Bupati: Inklusi Tidak Membeda-bedakan

This slideshow requires JavaScript.

Pemerintah Kabupaten Jember memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2018 dengan menggelar berbagai kegiatan, yang dipusatkan di Alun-alun Jember, Sabtu, 1 Desember 2018.

Dalam kesempatan ini, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menegaskan makna Jember sebagai kota yang inklusi.

“Inklusi ini tidak membeda-bedakan. Inklusi ini menjadi satu, tidak terpisah-pisahkan para disabilitas dengan yang non disabilitas. Menjadi satu dalam bekerja, berseni-budaya, dan bermasyarakat,” Bupati Faida.

Peringatan HDI 2018 kali  ini mengangkat tema Jember Inklusi dan Ramah Disabilitas. Acara dimulai dengan jalan sehat dan dilanjutkan dengan berbagai tampilan kesenian dari para difabel.

Ajang ini juga diiisi dengan pemberian penghargaan kepada difabel yang berprestasi. Serta perusahaan-perusahaan yang berkomitmen mendukung Jember sebagai kota inklusi.

Bagi bupati, peringatan HDI ini bukan peringatan biasa. Ini adalah peringatan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember seiring dengan komitmen pemerintah pusat, bahwa disabilitas mempunyai hak yang sama dengan warga yang lain.

Jember kota yang inklusi, lanjutnya, merupakan kabupaten yang ramah difabel. Berkomitmen untuk akses´terhdap hak-hak disabilitas. Ini dibuktikan dengan kegiatan difabel sebagai bagian dari seni dan budaya.

Lebih jauh bupati mengungkapkan tekad untuk menuntaskan dukungan asuransi kesehatan bagi seluruh disabilitas di Jember. Saat ini dukungan asuransi ini mencapai 90 persen.

Akses kepada difabel pun sudah mewabah di Kabupaten Jember. Dengan Perbup, sudah banyak fasilitas publik yang khusus untuk dafabel.

Kepala Dinas Sosial Jember Isnaini Dwi Susanti menambahkan, peringatan HDI juga akan menampilkan produk-produk para difabel.

Ia mengungkapkan, peringatan HDI ini merupakan sinergi antar dinas, diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil, Dinas Kesehatan, serta Dinas Tenaga Kerja.

“Kami tidak akan bisa melayani disabilitas sendirian, harus bersinergi,” ujarnya. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Peringati HDI, Bupati: Inklusi Tidak Membeda-bedakan"