Penghujung Tahun 2018 Meriah oleh Karnaval Pandhalungan

This slideshow requires JavaScript.

Akhir tahun 2018 ini Kabupaten Jember meriah oleh Karnaval Pandhalungan. Sebanyak 64 defile berangkat dari Balai Serbaguna Kaliwates menuju Alun-alun Jember, Senin 31 Desember 2018.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dan Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief berkesempatan melepas defile pertama. Pelepasan disaksikan Komandan Kodim 0824 Letkol. Inf. Arif Munawar serta perwakilan anggota Forkopimda lainnya.

Peserta defile karnaval adalah para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Jember serta masyarakat luas.

Iring-iringan defile dengan berbagai busana daerah dan atraksi menghiasi jalanan yang menjadi rute karnaval sepanjang lebih kurang 3,5 kilometer. Berbagai kendaraan yang telah dihias juga menambah pesona karnaval.

“Karnaval Pandhalungan yang biasanya diselenggarakan bulan Agustus pada tahun ini diselenggarakan di hari tutup tahun,” ujar Bupati Jember Faida kepada wartawan.

Menurut orang nomor satu di Jember ini, karnaval digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Jember, sekaligus untuk refreshing. “Pejabat pemerintah menghibur masyarakat sekaligus melestarikan seni budaya,” imbuhnya.

Kedepan, kata bupati, Karnaval Pandhalungan akan dikemas lebih baik lagi, sehingga bisa menjadi salah satu festival yang diandalkan dari Kabupaten Jember.

Karnaval ini juga bertepatan dengan liburan anak sekolah. Karena itu, Karnaval Pandhalungan ini juga menyuguhkan karnaval anak sekolah.

Tidak hanya itu, karnaval juga menyuguhkan hasil pembangunan yang dipamerkan orang dewasa. Karnaval pelajar dan pembangunan menjadi satu keragaman tersendiri.

This slideshow requires JavaScript.

“Sejatinya kita kuat karena beragam, sejatinya keberagaman itulah kekayaan negeri kita. Dan, Jember adalah kota keberagaman, dan Jember adalah miniatur Indonesia,” tutur bupati.

Para peserta karnaval cukup kreatif dalam menyajikan tontonan. Tidak hanya kostum daerah, mereka juga menyajikan kostum star wars. Ada pula yang menyuguhkan atraksi can macanan kaduk dan reog. Mereka juga menampilkan tarian tradisional dan modern.

Ada sekitar 64 defile yang menjadi peserta karnaval yang mengangkat tema “Jember Maju dalam Keberagaman” tersebut.

Secara terpisah, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengatakan, perayaan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jember yang digelar di penghujung tahun 2018 ini diharapkan mampu mengurai keramaian perayaan tahun baru oleh masyarakat.

“Sehingga jalanan pada malam nanti tidak seberapa macet,” ujarnya seraya mengucapkan selamat Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jember ke-90”.

“Semoga Jember semakin maju dan sejahtera dalam keberagaman yang ada,” imbuh Letkol Inf Arif Munawar. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Penghujung Tahun 2018 Meriah oleh Karnaval Pandhalungan"