Pemkab Rencanakan Dua Bentuk Bantuan Lainnya Bagi Lansia

Pemerintah Kabupaten Jember saat ini sedang merencanakan dua bentuk bantuan lainnya bagi para lansia di Kabupaten Jember.

Rencana ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief  kepada wartawan usai bertemu dengan para lansia di Balai Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Sabtu, 05 Oktober 2019.

Wabup menyampaikan, saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan lansia untuk mendapatkan bantuan beras.

Para lansia yang masuk dalam data verifikasi dan validasi akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kg setiap bulan.

Selain bantuan beras tersebut, Pemerintah Kabupaten Jember juga sedang melakukan pendataan lansia yang akan menerima bantuan berupa jaminan sosial kesehatan.

“Masih dalam proses, yakni jaminan kesehatan,” terang Wabup.

Selama ini, Pemerintah Kabupaten Jember juga telah memberikan bantuan kepada lansia. Bantuan itu diantaranya makanan katering untuk lansia yang dalam kategori sudah tidak potensial.

Bantuan lainnya yakni alat kesehatan, yang dalam pertemuan dengan para lansia di Desa Arjasa telah diberikan secara simbolis.

Pemkab Jember juga memberikan bantuan pelayanan pengurusan adminduk bagi lansia.

Pertemuan Wabup dengan para lansia itu untuk penyaluran bantuan pemerintah berupa Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) dan Bantuan Lanjut Usia (BLU).

Sementara itu, Camat Arjasa Ir. Herwan Agus Darmanto menegaskan akan segera mendata lansia yang belum mendapatkan manfaat dari program pemerintah tersebut.

“Akan segera saya data. Kita tindak lanjuti dengan melaporkan ke Dinas Sosial,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Camat juga menjelaskan, saat terjadi dialog antara Wabup dengan seorang lansia terlihat adanya semangat lansia untuk produktif. Seorang lansia menyatakan akan membeli kambing untuk diternak.

“Ini satu hal yang luar biasa. Karena, sifat yang produktif terus itu menyehatkan. Mudah-mudahan bantuan yang sudah disalurkan ke masyarakat lansia ini bermanfaat, khususnya untuk meningkatkan kesehatan mereka,” pungkasnya. (*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker