Pemkab Jember dan TNI Bakal Gelar Jember Army Festival

Sebagai upaya yang terus menerus untuk menumbuhkan nasionalisme warga, Pemerintah Kabupaten Jember bekerja sama dengan Brigif Raider 9/2 dan Kodim 0824 bakal menggelar Jember Army Festival.

Rencana itu tergambar dalam pertemuan tiga institusi tersebut di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Senin, 16 September 2019. Disebutkan, festival itu bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 TNI.

Danbrig 9 Raider Letkol. Inf. Andreas Nanang Dwi Prastowo, S.I.P pada saat audiensi menjelaskan rencana festival tersebut kepada Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR.

Letkol Inf Andreas mengatakan festival itu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme masyarakat agar mengetahui semangat para pahlawan pendahulu.

Festival prajurit ini juga untuk menumbuhkan motivasi masyarakat dan generasi muda agar berperan aktif langsung dan berguna bagi negeri.

“Dengan memberikan gambaran bahwa TNI sekarang modern,” jelas Danbrig.

Acara itu terdiri beberaoa rangkaian kegiatan. Diantaranya, upacara peringatan HUT ke-74 TNI, drama kolosal “Komandan Welut Putih”, demonstrasi BDM, defile pasukan, defile kendaraan, pameran alutsista, dan panggung prajurit.

Rencananya, kegiatan itu digelar di Alun-alun Jember, Gedung PTSP Pemkab Jember, dan Lapangan Brigif Raider 9. Rangkaian kegiatan itu dimulai tanggal 5 Oktober hingga 13 Oktober 2019.

Di sela-sela paparan oleh Letkol Inf Andreas, Bupati memberikan masukan agar acara tersebut berbeda dari tahun sebelumnya.

Salah satunya dengan melibatkan komunitas maupun masyarakat, utamanya pemuda, dalam rangkaian kegiatan tersebut. “Agar semua masyarakat dapat menikmati kegiatan ini,” ulas Bupati.

Ide kegiatan lain yang disampaikan Bupati yakni pemotongan tumpeng oleh lansia saat upacara peringatan HUT TNI serta pelepasan 74 burung merpati.

Pada saat pameran alutsista, Bupati menyarankan agar ada pemutaran film-film perjuangan.

Pameran alutsista itu sendiri diharapkan dirancang lebih menarik dan efektif untuk dinikmati oleh masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Kodim 024 Jember diwakili oleh Perwira Seksi Operasi Kodim 0824 Kapten Inf. Jarwo Adi Purnomo. (izza/mutia/*f2)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker