Pelatihan ESQ Beber Tips Sukses Karir

This slideshow requires JavaScript.

Mukhlis Syamsudin mengungkap tips sukses untuk karir. Motivator ESQ Leadership Center ini mengungkap tipsnya itu pada pelatihan ESQ di Aula Diknas Kabupaten Jember, Kamis 27 Desember 2018.

Tips yang disampaikannya cukup sederhana, yakni  E + R = O. Penjabarannya, E adalah event atau peristiwa yang terjadi di lingkungan kita.

R adalah response atau respon kita terhadap peristiwa yang terjadi di lingkungan kita. O yakni outcome atau hasil yang peroleh.

Dalam pelatihan yang diikuti Sekretaris Daerah Setkab Jember Ir. Mirfano bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Jember ini Mukhlis Syamsudin menekankan pada respon.

‘Yang bisa kita kontrol adalah respon diri sendiri,” tegas Mukhlis Syamsudin. Hasil yang diperoleh bagi diri seseorang tergantung pada responnya.

Ia melarang untuk tidak menyalahkan lingkungan apabila terjadi sesuatu pada diri kita. Ia menegaskan agar memberikan respon yang baik.

Jika responnya positif, maka imbalannya positif. Jika merespon dengan negatif maka akan terjadi masalah. “Waduh nasi sudah jadi bubur. Ya tambahi krupuk,” ujarnya.

Pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pemkab Jember ini berlangsung dua hari, 26 – 27 Desember 2018.

Dalam pelatihan itu juga ada praktek permainan. Camat Ambulu Sutarman menjadi relawan yang ditutup matanya. Setelah penutup mata dibuka, ia diminta untuk mencari benda di ruangan itu, yakni jam tangan yang dipakai seorang peserta.

Ia mencarinya dengan bantuan kode yang telah ditentukan. Kode diucapkan oleh para peserta. Setelah lebih dari waktu 3 menit yang ditentukan, Sutarman berhasil menemukan jam tangan itu.

Selanjutnya, Mukhlis Syamsudin menggali dari Sutarman terkait apa yang dipikirkan dan apa yang dirasakan ketika mencari benda dengan bantuan kode itu. Permainan ini menunjukkan bentuk respon.

Kepala BKPSDM Pemkab Jember Ir. Ruslan Abdul Gani sebelumnya mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 199 pejabat JPT (Jabatan Pratama Tinggi) dan pejabat administrator di Lingkungan Pemkab Jember. Terdiri dari 30 JPT, 169 administrator, dan 22 lurah se-Kabupaten Jember. (*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Pelatihan ESQ Beber Tips Sukses Karir"