Pegon Hias 2018 Berbeda

No comment 1242 views

Melestarikan Tradisi dan Menjalin Silaturahmi Demi Tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila menjadi tema Pegon Hias 2018. Wisata tahunan ini dihadiri Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dan ribuan pengunjung Wisata Pantai Watu Ulo di Kecamatan Ambulu, Jember. Ada yang berbeda dari tahun lalu.

Camat Ambulu Sutarman menyampaikan, festival tahunan yang diadakan di hari raya atau lebaran ketupat kali ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. “Karena dihadiri langsung oleh Bupati Jember,” cetusnya, Sabtu (23/6/2018).

Musik patrol, Reog Ponorogo, dan tari-tarian daerah yang merupakan ikon Jember, utamanya daerah Ambulu, menjadi suguhan yang dapat dinikmati masyarakat sekitar dalam festival ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember Arif Tjahyono dalam laporannya mengungkapkan, festival Pegon diikuti sebanyak 65 pegon hias.

Pawai Pegon tahun 2018 dihias berdasarkan nuansa Pancasila dan kebhinekaan. Juga ada ketentuan, sapi atau pegon yang digunakan murni sapi dari sapi Ambulu atau sekitarnya.

Festival Pegon  ini merupakan salah satu wujud kecintaan terhadap budaya bangsa, cinta budaya Jember, dan menjadi kalender wisata terpadu dengan daya tarik wisata baharinya; Watu Ulo ,Payangan, Papuma.

Pengembangan wisata bahari dengan pengembangan wisata budaya bisa berjalan bersama-sama sebagai destinasi wisata bahari, karena budaya Jember sudah waktunya berbicara banyak di pentas dunia dan nasional.

Bupati Faida menyatakan, festival pegon sudah berlangsung ke-20. Ini sangat luar biasa. Festival ini juga bukan festival biasa, karena festival Pegon yang bertemakan Pancasila memasang semangat Pancasila Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi.

Bupati menginginkn festival disiapkan sebaik mungkin dan lebih heboh lagi, sehingga ditunggu- tunggu masyarakat Jember dan kabupaten sekitarnya.

Bupati senang masyarakat tertib dalam menggelar Pegon Hias ini, an berharap masyarakat Ambulu bisa menjadi contoh masyarakat sadar wisata. Setelah acara selesai jangan menyisakan sampah dan semua masyarakat bersama sama membersihkan.

“Bantu Pemerintah Jember  menjadi masyarakat yang sadar wisata. Jaga tamu di wilayahnya. Jaga tempat wisatanya,” tutur bupati. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Pegon Hias 2018 Berbeda"