Pascapilkades Situasi Harus Tetap Rukun dan Kondusif

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember, Drs. Bambang Haryono, berharap kepada para kades terpilih nanti untuk menjalankan tugas dan amanahnya dengan baik.

“Seperti pesan Bupati, bagaimana setelah pilkades ini suasana desa masing-masing tetap ayem, rukun, kondusif, dan silaturahmi tetap terjaga,” ujarnya.

Bambang yang memimpin tim kedua pemantauan Pilakdes serentak tahap ketiga, Kamis, 19 September 2019, juga berpesan kades terpilih untuk menjaga komunikasi dengan muspika dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

“Siapapun yang menang itu adalah takdir jadi pimpinan. Maka yang menang nanti mengayomi dan melindungi warganya, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” katanya.

Secara umum dari hasil pemantauannya, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Demikian juga dengan kinerja muspika, panitia, dan BPD.

Sembari memantau pelaksanaan pilkades, Kepala Bakesbangpol juga menyapa dan berjabat tangan dengan para calon kades.

Terkait dengan proses pemungutan suara, Kepala Bakesbangpol menilai arus pemilih tetap terjaga dan tidak ada penumpukan.

Selain itu, di lokasi pemungutan suara juga telah disediakan ambunas sebagai bentuk antisipasi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.

Tim kedua yang dipimpin Kepala Bakesbangpol memantau di tujuh desa yang menyelenggarakan pilkades.

Sasaran pertama lokasi pemantauan yakni Kecamatan Jombang. Dilanjutkan di Kecamatan Kencong dan terakhir di Kecamatan Umbulsari.

Dari catatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, di Kecamatan Umbulsari terdapat sepuluh desa yang menggelar Pilkades.

Mereka yakni Desa Sukoreno dengan tiga cakades, Desa Umbulsari 2 orang cakades, Desa Mundurejo 3 cakades, Desa Umbulrejo 2 cakades.

Berikutnya Desa Gunungsari dengan 2 cakades, Desa Tegalwangi 3 cakades, Desa Paleran 2 cakades, Desa Sidorejo 2  cakades, Desa 2 cakades, dan Desa Tanjungsari 2 cakades.

Sementara di Kecamatan Kencong ada empat desa yang menggelar pesta demokrasi ini. Yakni Desa Kencong dengan 2 cakades, Desa Wonorejo dengan 4 cakades, Desa Cakru 2 cakades, dan Desa Kraton 4 cakades.

Untuk Kecamatan Jombang terdapat empat desa menggelar Pilkades. Desa-desa itu adalah Desa Jombang dengan 4 cakades, Desa Keting 4 cakades, Desa Ngampelrejo 4 cakades, dan Desa Wringinagung memililki 5 cakades yang berebut kursi. (izza/*f2)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker