Makmurnya Negeri Ketika Rukunnya Ulama dan Umara’

This slideshow requires JavaScript.

Kongres Takmir Masjid yang digelar di pondok pesantren menjadi salah satu sarana bagi Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. untuk mengisi jiwa, sekaligus memakmurkan Bumi Pandhalungan.

Orang nomor satu di Jember ini pun mengungkapkan rasa hampanya jika tidak bertemu dengan para ulama di Kabupaten Jember.

“Sejatinya, negeri itu yang makmur sejahtera perlu adanya rukunnya ulama dan umara,” ujarnya di Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin, Selasa, 18 Desember 2018.

Di pondok pesantren yang berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, ini bupati bersama ulama dan takmir masjid berkumpul dalam acara Kongres Takmir Masjid.

Lebih jauh bupati menyampaikan keinginannya di hari-hari yang akan datang banyak jadwal bupati dan segenap kepala dinas di masing-masing bidang untuk ngantor di pondok pesantren.

Hal itu agar masing-masing kepala dinas mengetahui tugasnya dalam memenuhi segala kebutuhan di pondok pesantren dan memperhatikan para takmir.

Seperti pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at. Sebelum sholat Jum’at, pelayanan kesehatan itu digelar di masjid. Minimal ada satu masjid di setiap kecamatan menjadi basis pelayanan kesehatan tersebut.

“Karena layanan sebelum sholat Jum’at adalah layanan yang mendekatkan pelayanan kesehatan kepada umat melalui masjid-masjid se-Kabupaten Jember,” terangnya.

Program Jember sehat untuk semua, termasuk untuk takmir masjid, bertujuan mencegah takmir masjid waktu sehat melayani umat, tetapi waktu sakit tersia-sia karena tidak ada biaya.

Di Jember juga ada program Pusat Kesehatan Pesantren (Puskestren) bagi pondok pesantren yang santrinya lebih dari 500 santri.

Fasilitas Puskestren yang ada di dalam pondok pesantren seperti dokter, perawat, bidan, obat-obatan, maupun peralatan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jember.

Pengurus Ponpes Nahdlatul Arifin, KH. Amin Hasby mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jember yang sudah hadir di tengah-tengah masyarakat.

BagiKH. Amin Hasby, Bupati Faida memiliki perhatian kepada takmir masjid. “Takmir masjid yang setiap harinya, setiap detiknya, juga hatinya pun bergantung dan selalu berhubungan dengan masjid,” ujarnya.

Tentangprogram asuransi kesehatan bagi takmir masjid, KH. Amin Hasby menyatakan program tersebut sangat luar biasa.

“Program asuransi kesehatan untuk takmir masjid adalah program yang sangat luar biasa. Sangat membantu kesehatan para takmir,” tegasnya. (izza/mutia/*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Makmurnya Negeri Ketika Rukunnya Ulama dan Umara’"