Lantik Pengurus Poktan, Bupati Dorong Perhatikan Keluarga Anggota

Kelompok Tani (Poktan) maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang dilantik dalam Festival Tani Jember 2019 diharapkan mampu memerhatikan anggota beserta keluarganya.

Harapan ini disampaikan Bupati Jember, dr. Faida, MMR., dalam Festival Tani Jember 2019 yang digelar di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wirolegi, Kecamatan Sumbersari.

Dalam festival Senin, 09 Desember 2019, itu dilantik sejumlah pengurus Poktan hasil verifikasi oleh pemerintah daerah.

Pelantikan itu diharapkan mampu mendorong pengurusnya untuk terus memperhatikan anggotanya.

Perhatian itu diharapkan tidak sebatas ketika mengurusi pupuk maupun bantuan saja. “Tetapi, kawal anak-anak petani dan keluarganya yang perlu bantuan atau beasiswa pendidikan,” terang bupati.

Karena itu, pada kesempatan ini, selain membagikan Kartu Tani, bupati juga memberikan beasiswa untuk anak-anak petani atau buruh tani.

Bupati juga membagikan bibit, bantuan alsintan, serta bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kesulitan-kesulitan atau kebutuhan petani, bupati menjelaskan, bisa disampaikan melalui kelompok. Seperti pemenuhan kebutuhan air.

Dalam kesempatan itu, bupati mengungkapkan bahwa keberadaan kelompok tani yang sangat banyak di Kabupaten Jember ternyata tidak terverifikasi sejak tahun 2015.

“Sejak 2015 belum pernah ada verifikasi tentang kelompok tani,” kata bupati di hadapan petani, Senin, 09 Desember 2019.

Verifikasi yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu menunjukkan adanya kelompok tani yang tidak aktif maupun anggotanya tidak aktif.

“Ada juga kelompok yang tidak memenuhi syarat,” ungkap bupati.

Kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang telah terverifikasi oleh pemerintah itu kemudian dilantik dalam Festival Tani Jember 2019.

Selain mengevaluasi kelompok tani, bupati juga mengevaluasi keberadaan Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa). –  (izza/mutia/*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker